Sabtu, 26 Okt 2024
xPasang iklan readnews
Iklan di ReadNews Pasti Untung

Amankan Pasokan Listrik Pemilu, PLN UP3 Padangsidimpuan Terjunkan Ratusan Personel

waktu baca 3 menit
Kamis, 8 Feb 2024 23:12 0 125 M Rizky Hidayatullah

READNEWS.ID, PADANGSIDIMPUAN – Guna amankan dan jamin pasokan ketersediaan aliran listrik maksimal saat , PT siap terjunkan ratusan personel di wilayah kerjanya.

Pasang Iklan

“Total 349 personel yang kami terjunkan untuk amankan serta menjaga stabilitas dan keandalan listrik selama di wilayah kerja UP3 Padangsidimpuan,” ujar Asisten Manager Jaringan dan Konstruksi PLN UP3 Padangsidimpuan, Dody Abdi Pulungan, Selasa (7/2).

Dody menjelaskan, untuk kelancaran dan suksesnya pelaksanaan Pemilu pula, PLN UP3 Padangsidimpuan telah melakukan berbagai persiapan sejak dua bulan lalu. Misal, dengan melakukan pengecekan ke berbagai titik seperti, Kantor , , hingga PPK.

“Kita juga menginventarisir peta jaringan listrik di 5 kabupaten/kota. Terutama yang menyuplai untuk Kantor-kantor KPU dan Bawaslu tingkat kabupaten/kota maupun PPK di tingkat kecamatan,” imbuhnya.

Pasang Iklan

Pengecekan juga melibatkan petugas Pelayanan Teknik (Yantek) yang telah siaga untuk menjamin keamanan dan keandalan pasokan listrik. Semua itu, semata-mata demi suksesnya jelang Pemilu 2024 sejak 11 hingga 17 Februari 2024.

PLN UP3 Padangsidimpuan, lanjut Dody, juga siap untuk mengawal kelistrikan selama masa siaga Pemilu. Tentu, dengan kesiapan yang terstandarisasi melalui Prosedur Tetap (Protap) Siaga Pemilu serentak tahun 2024.

Kesiapan sendiri, meliputi peta teknis pasokan listrik pada sejumlah objek penting di seluruh wilayah UP3 Padangsidimpuan. Skenario pengaturan suplai beban sudah terkondisikan, bilamana terjadi gangguan pasokan listrik.

“Misalnya, karena kondisi di luar prediksi atau force major. Cadangan listrik kita masih sangat cukup. Sehingga besar harapan kita semua Pemilu 2024 nanti berjalan lancar dan aman,” tuturnya. 

Ia melanjut, adapun kabupaten/kota yang masuk dalam wilayah kerja PLN UP3 Padangsidimpuan yaitu Kota Padangsidimpuan, Kabupaten , Mandailing , Pasang Lawas Utara, dan Padang Lawas.

Wilayah ini, terdiri dari 7 ULP antara lain, ULP Padangsidimpuan Kota, ULP Gunung Tua, ULP Sipirok, ULP Panyabungan, ULP Kota Nopan, ULP Natal, dan ULP Sibuhuan. 

Adapun rincian personel siaga di tiap ULP, terdiri dari ULP Padangsidimpuan Kota 76 personel. Kemudian, ULP Gunung Tua 65 personel. Lalu, ULP Sipirok 32 personel. Selanjutnya, ULP Panyabungan 38 personel.

“Kemudian, ULP Kota Nopan 26 personel, ULP Natal 34 personel, dan ULP Sibuhuan 78 personel,” rinci Dody. 

Siagakan 6 GI

PLN UP3 Padangsidimpuan juga menyiagakan 6 Gardu Induk (GI) untuk menjaga keandalan listrik. Adapun masing-masing GI terdiri dari, Padangsidimpuan, GI New Padangsidimpuan, GI Batang Toru, GI Panyabungan, GI Sibuhuan dan GI Gunung Tua.

Pihaknya, juga menyiapkan sarana pendukung yang meliputi 10 unit kendaraan operasional, 13 unit genset, 6 unit kenderaan untuk pasukan pekerjaan dalam keadaan bertegangan (PDKB), 2 unit crane, dan 37 unit Posko Siaga.

“Seluruh peralatan kami siaga penuh untuk memastikan percepatan pemulihan listrik jika terjadi gangguan. Jika terjadi gangguan, akan kami lakukan manuver jaringan. Sehingga yang terdampak dapat terisolir untuk selanjutnya bisa kami lakukan perbaikan,” tukasnya menutup.

M Rizky Hidayatullah

xAyu Octa Lip care Serum