Kamis, 24 Okt 2024
xPasang iklan readnews
Iklan di ReadNews Pasti Untung

Bupati Tapsel Ajak Masyarakat Siap dan Tanggap Hadapi Bencana

waktu baca 2 menit
Minggu, 2 Jun 2024 23:36 0 85 M Rizky Hidayatullah

READNEWS.ID, (Tapsel), Dolly Pasaribu, mengajak masyarakat dan segenap pihak selalu siap serta tanggap dalam hadapi bencana. Sebab, berdasarkan catatan potensi terjadi bencana di Tapsel sangat rawan.

Pasang Iklan

“Yaitu, sebanyak 2.500 kejadian,” ujar Dolly saat buka kegiatan jambore kesiapsiagaan penanggulangan bencana di Lapangan Parade Kantor Bupati Tapsel di Jalan Prof Lafran Pane, , Minggu (02/06/2024).

Dengan siap dan tanggap dalam hadapi bencana, Bupati berharap, masyarakat di Tapsel dapat lakukan tindakan antisipasi terhadap apa yang terjadi ke depan. Setidaknya, masyarakat siap dan tahu harus melakukan apa, saat bencana datang.

Bupati mengumpamakan kejadian bencana yang terjadi pekan-pekan ini. Bencana ini, bisa terjadi karena faktor alam dan kelalaian manusia. Seperti, luapan air sepinggang orang dewasa yang terjadi di Desa Situmba, Kecamatan Sipirok.

Pasang Iklan

“Itu semua tidak lepas dari kelalaian dan perhatian bersama. Yang mana, lumpur sudah memenuhi gorong-gorong. Sehingga saat hujan tiba, gorong-gorong tidak lagi dapat menampung air yang mengakibatkan banjir,” imbuh Bupati.

Bupati menegaskan bahwa, situasi bencana di Tapsel itu, agar di hadapi bersama, tanpa harus menyalahkan pihak manapun. Maka, dia berharap, kegiatan ini berikan manfaat untuk semua pihak, dalam menghadapi bencana sebagai yang rawan.

“Misalnya melalui koordinasi dan pelatihan kerja sama Tim,” ungkapnya.

Di akhir sambutannya, Bupati juga mengucapkan terima kasih atas kehadiran peserta jambore. Karena kehadiran semua peserta jambore ini, menjadi sebuah kebanggaan juga untuk saling memberi semangat yang baru dalam hal menghadapi bencana.

Berbagai Lomba di Jambore

Sementara itu, Kalaksa BPBD Tapsel, Umar Halomoan Daulay, menjelaskan jambore ini, dirangkai dengan lomba pemasangan tenda pengungsi, dapur umum, pertolongan pertama gawat darurat, dan cerdas cermat.

Lebih lanjut, Umar menyampaikan di 2023 lalu Tapsel berhasil menerima penghargaan atas pengelolaan peralatan terbaik untuk bagian barat.

“Hanya tiga daerah yang menerima penghargaan yaitu, Tapsel, Padang, dan . Itu semua tidak terlepas dari dukungan Bapak Bupati dan PT AR (Agincourt Resources). Begitu juga dengan kegiatan hari ini, yang mana PT AR yang membiayainya,” ucapnya.

Sesuai dengan visi misi Tapsel sehat, cerdas, dan sejahtera, BPBD sendiri menyiapkan masyarakat tangguh bencana. Dengan adanya kegiatan ini, ia harap bisa melahirkan desa-desa tangguh serta -sekolah, yang tangguh dan aman bencana.

“Kami perkirakan kegiatan ini akan siap pada tahun 2025 mendatang sesuai RPJMD,” tandasnya.

Dalam kesempatan ini, PT AR juga menyerahkan langsung ke melalui Bupati, berupa kenderaan pemadam kebakaran roda tiga untuk memadamkan kebakaran di kawasan atau daerah-daerah terpencil.

M Rizky Hidayatullah

xAyu Octa Lip care Serum