Rabu, 23 Okt 2024
xPasang iklan readnews
Iklan di ReadNews Pasti Untung

Bupati Tapsel ke Kades: Libatkan Masyarakat, Perbaiki Kualitas Desa

waktu baca 3 menit
Selasa, 14 Mei 2024 17:43 0 130 M Rizky Hidayatullah

READNEWS.ID, TAPANULI SELATAN – Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel), H Dolly Pasaribu, SPt, MM, berpesan ke (Kades), agar libatkan , untuk perbaiki kualitas di desa masing-masing.

Pasang Iklan

“Perbaiki kualitas di desa masing-masing dengan mengikut sertakan (libatkan) masyarakat,” pinta Bupati Tapsel ke Kades saat UU No.3/2024 tentang perubahan kedua atas UU No.6/2014 tentang Desa, Senin (13/05/2024).

Dengan begitu, Dolly berharap desa yang tadinya kategori berkembang, bisa lebih maju. Dan bagi desa yang sudah maju, akan meningkat ke arah mandiri. Sehingga, jumlah desa yang mandiri di Tapsel bisa bertambah.

Pada acara yang berlangsung di Aula Sarasi, Lantai III, Kantor Bupati, Jalan , ini, Dolly juga meminta agar Tapsel dapat meraih kembali Juara umum lomba PKK dalam acara Harganas.

Pasang Iklan

Sebab, di 2023 silam Tapsel sudah meraih Juara lomba PKK di acara Harganas. Ia juga mengapresiasi kerja keras dari segenap perangkat pemerintah dan masyarakat di Kecamatan Sipirok.

Sebab, dalam waktu kurang sebulan ini, Sipirok akan jadi tuan rumah ke-39 Provinsi . Keberhasilan ini, berkat keyakinan dan keberanian penuh Bupati Tapsel. Sehingga, saat survey LPTQ, Tapsel akhirnya menjadi tuan rumah MTQ tingkat Provinsi Sumut itu.

Guna mendorong semangat juang masyarakat dalam acara besar itu, sebut Dolly, di beberapa kali kegiatan besar, pihaknya selalu melibatkan Kecamatan Sipirok. Misal, mengikuti lomba kecamatan terbaik tingkat Provinsi.

“Dan pada akhirnya, Sipirok meraih Juara satu dengan mengalahkan seluruh kecamatan se-Provinsi Sumut,” urainya.

Tak sampai di situ, pihaknya juga memperjuangkan Sipirok menjadi tuan rumah MTQ ke-56 tingkat Kabupaten Tapsel. Serta, tuan rumah MTQ ke-39 tingkat Provinsi Sumut tahun 2024.

“Maka itu, saya mengajak Bapak dan Ibu Kades menghimbau masyarakat di desanya untuk memeriahkan MTQ ke-39 tingkat Provinsi Sumut yang sebentar lagi akan kita laksanakan,” ajak Bupati.

Terakhir, Dolly mengajak seluruh Kades untuk membentuk Tim sepak bola. Karena, pihaknya nanti akan mengadakan pertandingan sepak bola antar 212 desa se-Kabupaten Tapsel.

“Yang mana pada beberapa bulan ke depan, akan kita adakan pertandingannya dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-79. Persyaratannya, harus asli Tapsel. Kita tidak menerima impor dari luar Tapsel,” tutup Dolly.

Kuantitas Kades Menyejahterakan Masyarakat

Sebelumnya, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Tapsel, Muhammad Yusuf, berharap ke seluruh Kades, agar dapat memahami perubahan di Undang-undang yang baru.

Sehingga, sambung Yusuf, para Kades nanti, dapat menyesuaikan dan menindak lanjuti Undang-undang ini di desa masing-masing. Dan yang paling perlu itu, sebut Yusuf, bukan masalah kualitas ataupun nama jadi Kades.

“Tapi kuantitas kita di desa itu dalam menyejahterakan masyarakat itu yang terpenting,” tandasnya.

Usai acara, Bupati menyerahkan Piagam penghargaan ke pemenang lomba desa tingkat Kabupaten Tapsel. Di mana, Desa Sorimanaon, Kecamatan Angkola Muara Tais, meraih Juara pertama.

Kemudian, Desa Palsabolas, Kecamatan Angkola Timur, meraih Juara kedua. Dan, Desa Napa, Kecamatan Toru, meraih Juara .

M Rizky Hidayatullah

xAyu Octa Lip care Serum