Sabtu, 26 Okt 2024
xPasang iklan readnews
Iklan di ReadNews Pasti Untung

Diduga Hina Presiden Jokowi, Butet Kartaredjasa Akhirnya Dilaporkan Ke Polda DIY

waktu baca 2 menit
Kamis, 1 Feb 2024 02:42 0 160 Abd Latif

READNEWS.ID, JAKARTA – Budayawan sekaligus monolog terkenal dilaporkan ke Polda Istimewa (DIY) oleh sejumlah pihak yang merasa tersinggung dengan narasi pantun yang dianggap menghina Joko Widodo saat Ganjar-Mahfud di Wates.

Pasang Iklan

Pelapor Butet tersebut antara lain dari Pro Jokowi (Projo) DIY, Sedulur Jokowi, dan Jokowi Arus Bawah.

Dalam surat tanda penerimaan laporan (STPL) disebutkan, aturan yang diduga dilanggar adalah Pasal 315 tentang tindak penghinaan. Pasal itu dimuat dalam Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP).

“Sebetulnya aksi Butet itu tidak elok dilakukan oleh seorang budayawan, seharusnya beliau sebagai seniman yang sudah senior memberikan contoh budaya yang baik kepada generasi muda,” ujar Aris Widiyartanto, Ketua Projo DIY pada Selasa (30/1/ 2024).

Pasang Iklan

Aris mengatakan, Seharusnya kampanye politik menjelaskan -program pasangan calon, tetapi Butet malah memanfaatkan kegiatan kampanye itu untuk melakukan penghinaan terhadap Jokowi.

“Maka hari ini kami mencoba untuk mengupayakan pelaporan terhadap beliau karena kita melihat beliau sepertinya juga putus asa, sehingga tindakan yang dilakukan juga ngawur dan membabi buta,” tambahnya.

Dari pihak Butet sendiri menganggap tak jadi masalah dengan pelaporan atas dirinya.

“Oh tidak apa apa kalau melaporkan saya, karena Projo-nya sedang pansos atau panjat sosial dari pantun saya,” ucap Butet.

“Boleh-boleh saja, semua warga bangsa ini boleh melakukan apapun karena itu memang dijamin undang-undang,” imbuh Butet. (AHK)

xAyu Octa Lip care Serum