Rabu, 23 Okt 2024
xPasang iklan readnews
Iklan di ReadNews Pasti Untung

Dolly Pasaribu: Suksesnya MTQ di Tapsel Cermin Berhasilnya di Provsu

waktu baca 3 menit
Sabtu, 27 Apr 2024 23:13 0 85 M Rizky Hidayatullah

READNEWS.ID, TAPANULI SELATAN, Dolly Pasaribu, menegaskan bahwa, suksesnya penyelenggaraan ke-56 di Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), cermin berhasilnya even di tingkat Provinsi (Provsu).

Pasang Iklan

“Suksesnya MTQ ke-56 di tingkat Kabupaten Tapsel ini, jadi cermin berhasilnya, pagelaran MTQ ke-39 tingkat Provsu yang juga nantinya berlangsung di Tapsel,” terang Dolly Pasaribu saat membuka MTQ ke-56 tingkat Kabupaten Tapsel, Jumat (26/04/) malam.

Dalam kegiatan yang berlangsung di Lapangan Bola Patuan Muda Parlindungan, Desa Tolang, Kecamatan Sipirok ini, Dolly menyebut bahwa, MTQ ini menjadi sarana membina ukhuwah Islamiyah. Selain itu, juga untuk meningkatkan dan mengembangkan syiar Islam.

“Serta, membumikan Al Quran di Kabupaten Tapsel dalam menjaring para Qori’ dan Qori’ah yang kemudian akan mengikuti MTQ tingkat Provinsi Sumatera Utara,” terangnya.

Pasang Iklan

Ia meminta, momentum MTQ kali ini, hendaknya bisa menjadikan tonggak sejarah, membina Qori’ dan Qori’ah menuju kemandirian. Serta, sebagai sarana pembelajaran dan evaluasi bagi kemajuan masyarakat.

“Terutama, dalam menghayati dan mengamalkan nilai-nilai keagamaan untuk memberantas buta aksara Al Quran di Kabupaten Tapanuli Selatan,” imbuh Dolly.

Ia juga mengingatkan, tidak lama lagi Kabupaten Tapsel akan menjadi tuan rumah MTQ tingkat Provsu. Maka itu, ia berharap agar Qori’ dan Qori’ah yang akan berlomba dapat kerahkan seluruh kemampuannya. Karena para juara dari even ini, akan menjadi perwakilan untuk perlombaan MTQ tingkat Provsu.

Ia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung terlaksananya MTQ ini. Terutama antusiasme masyarakat di 15 kecamatan yang meramaikan dan menyukseskan pelaksanaan MTQ tersebut.

Di hadapan ribuan masyarakat, Dolly mengutarakan kabar gembira terkait berhasilnya turunkan prevalensi Stunting di Sumut hingga 23.8 persen. Atas hal tersebut, kata Bupati, Kabupaten Tapsel jadi terbaik se-Sumut soal menurunkan angka presentase Stunting.

“Tahun-tahun lalu, anak-anak kita dinilai Survey Kesehatan Indonesia memiliki gizi tidak baik. Namun sejak itu, sudah kita intervensi. Sehingga Tapsel menjadi daerah terbaik dalam penurunan Stunting se-Sumut. Terima kasih ke seluruh masyarakat Tapsel,” pungkasnya.

Ucapan Terima Kasih ke Bupati

Sementara, , AKBP Yassir Ahmadi, juga mengucapkan terima kasih ke Dolly Pasaribu atas jerih payahnya. Sehingga MTQ ke-56 tingkat Kabupaten Tapsel ini dapat terlaksana.

Mewakili , dia merasa bersyukur atas terselenggaranya even ini. Baginya, even ini menandakan bahwa Tapsel masih mencintai dan mengamalkan isi dan mensyiarkan Al Quran ke generasi muda.

“Saya yakin, jika kita semua mengamalkan isi kandungan dalam Al Quran, maka tidak akan ada lagi tindak kejahatan di Tapsel ini,” tutupnya.

271 Kafilah akan Bertanding

Sebagai informasi, pelaksanaan MTQ ke-56 tingkat Kabupaten Tapsel ini berlangsung 3 hari sejak 26 sampai 28 April. Adapun yang turut serta dalam even ini sebanyak 271 Kafilah laki-laki, 264 Kafilah perempuan, dan 122 Official dari seluruh kecamatan.

Di mana, para Kafilah ini akan bertanding pada 14 cabang. Untuk Dewan Hakim yang akan menilai, ada 117 orang. Adapun cabang lomba tersebut antara lain, tilawah remaja dan dewasa. Tafsir dan Inggris. Syahril Al Quran. Fahmil Quran.

Kemudian, Hifzil Quran 1 juz dan 10 juz. Hifdzil Quran 5 juz dan 20 juz. Hifdzil Quran 30 juz dan Tafsir Qur’an. Khot il Quran. Mujawwad anak-anak dan Tartil Quran. Tartil remaja. Musabaqoh Qiraatul Kutub. Musabaqoh Qiraatul Ulya. Hadits 100 dan Hadits 500. Serta, Makalah Al Quran.

M Rizky Hidayatullah

xAyu Octa Lip care Serum