Rabu, 23 Okt 2024
xPasang iklan readnews
Iklan di ReadNews Pasti Untung

KIM Molomamua Parimo Ikuti Festival KIM Tahun 2024 Di Makassar

waktu baca 2 menit
Jumat, 9 Agu 2024 17:32 0 43 M Rizky Hidayatullah

READNEWS.ID, MAKASSAR – Dalam rangka mewakili Provinsi , Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) Molomamua dari Desa Palasa Lambori, Kecamatan Palasa, Kabupaten mengikuti Festival KIM Tahun 2024 di Kota Makassar. Jumat (9/8/2024)

Pasang Iklan

Festival KIM merupakan ajang tahunan yang diinisiasi oleh Kementrian Komunikasi dan Informatika () Republik Indonesia sebagai salah satu bentuk apresiasi kepada KIM sebagai mitra strategis pemerintah dalam melakukan komunikasi publik.

Festival KIM 2024 di Kota Makassar, Provinsi , dijadwalkan berlangsung pada 9 hingga 11 Agustus 2024 , yang diikuti oleh KIM dari seluruh Provinsi di Indonesia.

Jein Marlinda, selaku perwakilan dari Gula Semut yang mempresentasikan hasil UMKM-nya menjelaskan UMKM Gula Semut Molomamua merupakan usaha sosial yang memberdayakan masyarakat Komunitas Adat Terpencil (KAT) Suku Lauje dengan mengembangkan potensi kearifan lokal yang dimiliki masyarakat KAT, yakni gula aren yang diolah menjadi gula semut.

Pasang Iklan

Dikatakannya, gula aren molomamua memiliki keunggulan yaitu, pengolahannya menggunakan kearifan lokal masyarakat KAT Lauje dengan proses vermentasi dari akar Bayur.

Diketahui, dampak gula semut molomanua ini dalam 1 bulan bisa memproduksi 400 biji/bulan (200kg ) dan pendapatan petani aren sebelum bermitra sebanyak 500 .000-700.000/bulan dan setelah bermitra dengan UMKM meningkat menjadi 1.500.000-2.000.000 /bulan.

Tak hanya itu, gula semut Molomamua juga telah di pasarkan disejumlah daerah yakni, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan dan Papua dengan bekerjasama Reseller di tiap daerah baik di Swalayan Lokal, toko-toko kue dan toko oleh-oleh.

Kepala Enang, berharap kedepannya melalui festival KIM ini prodak gula semut Molomamua bisa lebih melebar dan bisa masuk ke mancanegara.

“Kedepannya bukan hanya gula semut molomamua ini yang menjadi sumber dari KIM tetapi bagaimana bisa mengembangkan potensi dalam hal ini pengembangan durian yang ada di Parigi Moutong”unkapnya.

Turut mendampingi KIM Molomamua, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Parigi Moutong, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kab. Parigi Moutong dan Kepala Dinas Hidup Kab. Parigi Moutong.

M Rizky Hidayatullah

xAyu Octa Lip care Serum