Rabu, 23 Okt 2024
xPasang iklan readnews
Iklan di ReadNews Pasti Untung

Pegawai Kantor Imigrasi Palu Ikuti Diseminasi Dokumen Forensik Keimigrasian

waktu baca 2 menit
Jumat, 1 Mar 2024 22:31 0 196 M Rizky Hidayatullah

READNEWS.ID, SORONG – Dalam rangka meningkatkan kemampuan dalam mendeteksi dokumen keimigrasian , Kantor Imigrasi Kelas I TPI mengikuti kegiatan Diseminasi Dokumen Forensik Keimigrasian yang diselenggarakan oleh Direktorat Intelijen Keimigrasian Ditjenim di Aston Sorong Hotel, Barat Daya pada tanggal 27 Februari – 1 Maret .

Pasang Iklan

Dalam laporan yang disampaikan oleh C. Catur Apriyanto, tujuan dari diseminasi ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dalam dokumen keimigrasian, melatih petugas dalam pengoperasian alat laboratorium forensik, serta melatih petugas dalam pembuatan pelaporan.

Acara ini diikuti oleh 74 peserta dari 11 Kantor Wilayah dan 40 UPT, yang terdiri dari pemaparan, diskusi tanya jawab, praktek pengoperasian alat, dan paparan peserta.

Direktur Intelijen Keimigrasian, R.P. Mulya, dalam sambutannya, menegaskan bahwa kegiatan Diseminasi ini merupakan target kinerja Direktorat Imigrasi, khususnya Direktorat Intelijen Keimigrasian. Dalam upaya untuk memperkuat petugas Imigrasi pada saat pengadilan, Direktorat Intelijen Keimigrasian juga akan melakukan pengadaan alat Labfor Keimigrasian serta sertifikasi petugas yang menguasai Labfor Keimigrasian.

Pasang Iklan

Pembahasan materi terkait Ilmu Forensik Keimigrasian dan cetak oleh C. Catur Apriyanto dan Dwi Catur dari PT. Mitra Daya Persada juga telah disampaikan dalam kegiatan tersebut.

Laboratorium forensic keimigrasian terletak pada Gedung Direktorat Jenderal Imigrasi, yang menjadi obyek pemeriksaan pada Lab Forensik Keimigrasian adalah dokumen perjalanan, dokumen keimigrasian, dan cap keimigrasian. Sementara itu, dalam paparannya, Dwi Catur menjelaskan mengenai security printing, antara lain, desain dan peralatan desain khusus, peralatan khusus untuk proses prepress, permesinan yang dibuat untuk proses tertentu, peralatan penunjang, penggunaan tinta dan kertas dengan proses tertentu.

Kepala , Hermansyah Siregar di tempat terpisah mengharapkan dengan adanya kegiatan Diseminasi Dokumen Forensik Keimigrasian ini, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palu dapat terus meningkatkan kualitas pelayanan kepada , melalui peningkatan pengetahuan dan keterampilan pegawainya.

“kami mengharapkan Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palu dapat memberikan pelayanan yang lebih baik dan optimal dalam hal pengawasan dan penegakan hukum keimigrasian”. Tutupnya

M Rizky Hidayatullah

xAyu Octa Lip care Serum