Minggu, 27 Okt 2024
xPasang iklan readnews
Iklan di ReadNews Pasti Untung

Peringatan Hari Kartini Ke-146, Pemkab Parigi Moutong Tandatangani Pakta Integritas Pencegahan Pernikahan Anak

waktu baca 2 menit
Jumat, 26 Apr 2024 01:44 0 88 M Rizky Hidayatullah

READNEWS.ID, Kabupaten Parigi Moutong melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) Daerah Kab. Parigi Moutong menyelengarakan kegiatan Dengan Tema “Peran Perempuan Dalam Pencegahan Pernikahan Untuk Menurunkan di Kabupaten Parigi Moutong” dan Penandatangani Pakta Intergritas Pencegahan Penikahan Anak di Kab. Parigi Moutong Oleh Gabungan Organisasi Wanita (GOW). Bertempat di Gedung Auditorium Kantor Bupati Parigi Moutong, Kamis (25/4/2024).

Pasang Iklan

Penjabat (Pj) Bupati Parigi Moutong, Richard Arnaldo, dalam sambutannya mengatakan keberhasilan dan kesuksesan yang dimiliki kaum perempuan sekarang ini sudah tak bisa lagi di pandang sebelah mata, karena banyak pemimpin, ilmuan serta wirausahawan dan profesi-profesi lain yang diduduki kaum perempuan. Karena perempuan telah bebas dari tirani keterbatasan dan kini berhak atas kesamaan kedudukan.

Secara umum tujuan kegiatan pada hari ini yaitu meningkatkan pemahaman para pemangku kebijakan mengenai upaya pencegahan perkawinan anak di Kabupaten Parigi Moutong, karena perkawinan anak berdampak sangat negatif pada aspek juga pasangan usia anak memiliki risiko tinggi menghadapi berbagai permasalahan kesehatan, seperti risiko kematian karena ketidaksiapan fungsi organ reproduksi, kematian , kelahiran premature dan juga stanting.

“Perkawinan anak telah memaksa anak menjadi putus sekolah, tidak memperoleh hak pendidikan yang layak dan akhirnya berdampak pada kondisi dan kesejahteraannya. Perkawinan anak terbukti juga meningkatkan terjadinya Dalam Rumah Tangga (KDRT) di karenakan belum siapnya anak secara mental menghadapi permasalahan pernikahan serta tekanan psikologis pada anak-anaknya” ucapnya.

Pasang Iklan

Sebelum mengakhiri sambutannya Pj Bupati, Richard Arnaldo, berharap kiranya pembina organisasi wanita dapat mengambil peran penting dalam pencegahan stunting dan perkawinan anak, dengan meneruskan pengetahuan dan informasi yang diperoleh pada hari ini kepada para anggota dan simpatisan sampai ke tingkat desa/kelurahan.

M Rizky Hidayatullah

xAyu Octa Lip care Serum