Rabu, 23 Okt 2024
xPasang iklan readnews
Iklan di ReadNews Pasti Untung

Ruas Jalan Nasional Batu Jomba Tapsel Rawan Longsor

waktu baca 2 menit
Kamis, 8 Feb 2024 23:11 0 250 M Rizky Hidayatullah

READNEWS.ID, – Kondisi ruas Jalan Nasional di Batu Jomba, Desa Luat Lombang, , Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), rawan akan tanah longsor.

Pasang Iklan

Ruas Jalan Nasional Batu Jomba yang menjadi akses vital antara Kabupaten Tapanuli Utara dan Tapsel itu, juga rawan . Pada ruas Jalan Nasional itu, juga banyak yang berlobang.

“Di tanjakan ruas , keadaan aspal sudah terkelupas. Sehingga, membuat kenderaan susah menanjak. Serta, harus ada bantuan alat berat terutama Truk besar,” beber Kasat Lantas , AKP Dahnial Saragih, SH, , saat survei kawasan Jalan lintas, Selasa (6/2) pagi.

Menurut Kasat, kondisi ini pihaknya temukan dari hasil survei di ruas Jalan. Persisnya pada Km 47 hingga 48 tepatnya di Dusun Batu Jomba. Sebelumnya, kata Kasat, pihaknya juga melakukan survei di sepanjang Jalan Nasional Lintas Tengah Sumatera jurusan Padangsidimpuan dengan Tarutung.

Pasang Iklan

“Persisnya, mulai dari Km 11 Kelurahan Pargarutan, Kecamatan Angkola Timur, Kabupatan Tapsel sampai Km 48 Dusun Batu Jomba, Desa Luat Lombang, Kecamatan Sipirok, Kabupaten Tapsel,” urai Kasat.

Dari hasil survei ini, sebut Kasat, ruas Jalan mulai Km 11 sampai 16 di Kelurahan Pasar Pargarutan hingga Desa Palsabolas, Kecamatan Angkola Timur, pada badan Jalan, aspal banyak yang berlubang.

“Kemudian, pada badan Jalan aspal di lokasi tersebut, banyak yang bergelombang atau keriting,” jelas Kasat.

Selanjutnya, dari hasil survei di ruas Jalan pada Km 30 tepatnya di Desa Situmba, Kecamatan Sipirok, pada badan Jalan, aspal juga banyak yang berlubang. Badan Jalan aspal di lokasi tersebut, juga banyak yang bergelombang atau keriting.

Menurut Kasat, saat iini pihaknya bersama Dinas Perhubungan Tapsel telah berkoordinasi dengan PPK Jalan Nasional untuk segera melakukan perawatan. Khususnya di ruas Jalan Batu Jomba.

“Mengigat, di lokasi ini rawan terjadi kecelakaan ,” tutur Kasat.

Atensi untuk Perbaikan Ruas Jalan

Kasat menambahkan, pelaksanaan survei Jalan lintas Nasional ini, merupakan wujud kesiapan dan kesigapan Sat Lantas Tapsel. Terutama, dalam menghadapi Operasi Keselamatan dan Ketupat Toba 2024.

“Harapan kami, kepada pihak-pihak terkait, agar mengatensi beberapa ruas Jalan yang butuh perhatian dan perbaikan. Sehingga, atau pengguna Jalan merasa nyaman ketika melintas di kawasan yang kita survei hari ini. Terutama di ruas Jalan Batu Jomba,” pungkas Kasat mengakhiri.

M Rizky Hidayatullah

xAyu Octa Lip care Serum