Rabu, 23 Okt 2024
xPasang iklan readnews
Iklan di ReadNews Pasti Untung

Sah, Bacakada Independen di Kota Padangsidimpuan Nihil

waktu baca 2 menit
Selasa, 14 Mei 2024 01:10 0 85 M Rizky Hidayatullah

READNEWS.ID, – Sejak pembukaan pendaftaran pada 8 hingga 12 Mei, bakal calon Kepala (Bacakada) jalur independen atau perseorangan pada di nihil pendaftar.

Pasang Iklan

Ketua Padangsidimpuan, Tagor Dumora, mengumumkan langsung Bacakada dari jalur independen nihil pendaftar kepada , pada Senin (13/05/) dini hari. Katanya, tak satupun Bacakada yang datang mendaftar ke KPU.

“Sudah kita tutup. Tidak ada satu pun Bacalon yang menyerahkan (berkas) dukungan berdasarkan Keputusan Komisi Pemilihan Umum No.532 tahun 2024 tentang pedoman teknis pemenuhan syarat dukungan pasangan calon perseorangan dalam Pemilihan dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota tahun 2024,” ungkap Tagor.

Lanjut Tagor, selain tak ada yang menyerahkan berkas dukungan, KPU Padangsidimpuan juga tak pernah mengeluarkan akun sistem informasi pencalonan (Silon). Artinya, kata Tagor, dama sekali tidak ada yang meminta akun itu.

Pasang Iklan

Silon, merupakan salah satu syarat penting dalam pencalonan bakal pasangan di jalur perseorangan ini. Karena, pendaftar harus mengunggah seluruh berkas dukungan melalui situs resmi tersebut.

“Semua proses sudah dan sosialisasi juga sudah,” tegasnya.

Dengan berakhirnya pencalonan di jalur independen ini, Tagor memastikan, KPU Padangsidimpuan tak akan membuka waktu perpanjangan mendaftar. Dengan begitu, KPU akan masuk ke tahapan selanjutnya.

“Yakni, pendaftaran Bacalon Wali Kota dan Wakil Wali Kota melalui jalur partai politik,” terangnya.

Kemudian berdarkan keputusan KPU No.124 tahun 2024, syarat minimal dukungan yang harus terpenuhi pasangan calon perseorangan Wali Kota dan Wakil sebanyak 16 ribu-an KTP dukungan dan tersebar minimal di 6 kecamatan.

“Angka tersebut, merupakan 10 persen dari total DPT Kota Padangsidimpuan pada 2024 yakni sebanyak 168 ribu pemilih,” tandasnya.

M Rizky Hidayatullah

xAyu Octa Lip care Serum