Sabtu, 26 Okt 2024
xPasang iklan readnews
Iklan di ReadNews Pasti Untung

Anak Usia Enam Tahun Kini Bisa Gunakan Autogate di Bandara

waktu baca 1 menit
Sabtu, 31 Agu 2024 17:11 0 110 redaksi

READNEWS.ID, – Mulai 26 Agustus 2024, -anak berusia enam tahun atau lebih, baik Negara (WNI) maupun asing, kini dapat menggunakan fasilitas autogate saat melintas masuk atau keluar Indonesia. Kebijakan baru dari Direktorat Imigrasi ini memperluas akses penggunaan autogate yang sebelumnya hanya tersedia bagi anak berusia minimal 14 tahun.

Pasang Iklan

Direktur Jenderal Imigrasi, , menjelaskan bahwa perkembangan pengenalan wajah (face recognition) memungkinkan deteksi wajah pada anak-anak usia enam tahun, sehingga mempermudah perjalanan keluarga.

“Kami berharap penggunaan autogate dapat semakin optimal dan memudahkan perjalanan, terutama bagi keluarga,” ujar Silmy pada 30 Agustus 2024.

Dengan hampir 200 autogate yang terpasang di utama seperti Soekarno-Hatta dan Ngurah Rai, proses keimigrasian menjadi lebih cepat dan mudah. Autogate memungkinkan penumpang melewati pemeriksaan hanya dalam waktu 15-25 detik, berkat sistem yang mengintegrasikan teknologi pengenalan wajah dan manajemen perbatasan.

Pasang Iklan

“Kami terus mengembangkan inovasi untuk meningkatkan efisiensi pelayanan, termasuk studi banding dengan negara lain seperti Singapura, di mana anak-anak usia enam tahun sudah bisa menggunakan autogate,” tambah Silmy.

Melalui kebijakan ini, Direktorat Jenderal Imigrasi berharap dapat memberikan pengalaman perjalanan yang lebih nyaman dan menyenangkan bagi seluruh penumpang, termasuk anak-anak.

xAyu Octa Lip care Serum