Rabu, 23 Okt 2024
xPasang iklan readnews
Iklan di ReadNews Pasti Untung

Bank Sulteng Resmi Bergabung dengan KUB Mega Corpora

waktu baca 2 menit
Sabtu, 21 Sep 2024 04:06 0 100 M Rizky Hidayatullah

READNEWS.ID, – Bank secara resmi masuk dalam Kelompok Usaha Bank (KUB) Mega Corpora setelah mendapatkan persetujuan dari Otoritas Jasa Keuangan (). Keputusan ini menandai babak baru bagi dalam memperkuat kolaborasi dan sinergi di sektor perbankan.

Pasang Iklan

Proses pembentukan KUB antara Bank Sulteng dan Mega Corpora diklaim sebagai yang tercepat di antara bank umum lainnya di . Hal ini dimungkinkan berkat kinerja positif Bank Sulteng yang terukur dari berbagai indikator dan parameter, serta kemitraan yang solid dengan Mega Corpora yang telah terjalin sejak tahun 2013.

“Proses persetujuan KUB Bank Sulteng dan Mega Corpora tercepat dibanding bank umum lainnya sehingga kami, Pemegang Saham Pengendali, sangat bergembira dengan pencapaian ini. Jika tidak memenuhi modal inti, Bank Sulteng terancam akan turut menjadi BPR,” ujar Asisten Sekda Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Rudi Dewanto, dalam jumpa seusai RUPS-LB Bank Sulteng di Ballroom Hotel Bestwestern Palu, Jumat (20/9/2024).

Dalam rapat tersebut, Mega Corpora ditetapkan sebagai pemegang saham pengendali kedua di Bank Sulteng. Kepemilikan saham Mega Corpora meningkat dari 24,9 persen menjadi 26 persen, sesuai dengan ketentuan bahwa sebagai penjamin Bank Sulteng, Mega Corpora harus menjadi pemegang saham pengendali kedua setelah Pemerintah Provinsi .

Pasang Iklan

Masuknya Bank Sulteng ke dalam KUB Mega Corpora memperkuat struktur usaha Mega Corpora yang telah ditetapkan oleh OJK. PT Bank Mega Tbk kini berperan sebagai pelaksana induk, dengan KUB lainnya, yakni PT Bank Mega Syariah, PT Allo Bank Indonesia Tbk, dan PT Bank Pembangunan Sulteng.

Selain pengesahan KUB, Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS-LB) juga mengesahkan pelantikan Novi Ventje Berti Kaligis sebagai Komisaris Independen setelah lolos fit and proper test OJK. Pelantikan ini merupakan bagian dari upaya memperkuat tata kelola dan pengawasan di Bank Sulteng.

RUPS-LB juga memutuskan untuk mengangkat Max Kembuan sebagai Komisaris Non Independen dari Mega Corpora. Kehadiran Max Kembuan, yang juga menjabat sebagai Komisaris Non Independen di PT Bank BSG (Bank Pembangunan Sulawesi Utara dan Gorontalo), diharapkan dapat memperkuat pengawasan dari Dewan Komisaris PT Bank Sulteng.

Dengan bergabungnya Bank Sulteng ke dalam KUB Mega Corpora, harapan besar tertuju pada penguatan kinerja perbankan di wilayah Sulawesi Tengah. Langkah ini sekaligus menjamin keberlanjutan Bank Sulteng agar terhindar dari risiko menjadi Bank Perkreditan Rakyat (BPR) jika modal inti tidak memenuhi persyaratan.

M Rizky Hidayatullah

xAyu Octa Lip care Serum