“Kondisi lalu lintas saat kegiatan penarikan dilakukan sangat menentukan, seringkali ditemukan pada lokasi tertentu pembukaan manhole belum dapat dilakukan tepat waktu karena lalu lintas padat. Kemudian, pada ruas jalan tertentu, manhole tertutup oleh kendaraan parkir dan terdapat pedagang kaki lima berjualan sehingga manhole belum dapat dibuka sampai kendaraan pindah atau pedagang kaki lima selesai beroperasi dagangannya,” jelasnya.

Kendala lainnya, pada beberapa kondisi operator kesulitan mengalami perizinan ke instansi atau warga setempat di luar jalur SJUT, sehingga menghambat kegiatan penempatan utilitas ke dalam infrastruktur SJUT dan ataupun cut over jaringan.

Kemudian beberapa ruas jalan, terdapat kondisi manhole atau handhole SJUT terlayer pengaspalan, revitalisasi trotoar dan peremajaan taman.

Heru mengatakan, Dinas Bina Marga DKI Jakarta akan terus melakukan langkah progresif yakni berkolaborasi dengan para operator pemilik jaringan utilitas lain ke depannya.

Dia menjelaskan, sinergisitas dengan para operator atau perusahaan telekomunikasi lain sangat penting untuk mensukseskan penyelenggaran SJUT demi mewujudkan Jakarta bebas kabel udara dan Jakarta sebagai kota pintar.

“Penertiban ini akan terus kita lakukan dengan disertai kerja sama yang kuat diharapkan program SJUT dapat berjalan baik dan Jakarta dapat menjadi kota yang pintar, modern, baik secara estetika dan aman bagi warganya, serta menyediakan layanan telekomunikasi yang lebih baik dan andal,” tandas Heru. (AHK)