Rabu, 23 Okt 2024
xPasang iklan readnews
Iklan di ReadNews Pasti Untung

Catat Prestasi Gemilang Ditahun 2023: Jajaran Imigrasi Tangkap dan Pulangkan 22 Buronan Internasional

waktu baca 3 menit
Minggu, 19 Nov 2023 20:08 0 423 Abd Latif

READNEWS.ID, – Hingga November 2023, Direktorat Jenderal Imigrasi mencatatkan gemilang dalam penangkapan buronan internasional. Kolaborasi erat dengan RI (POLRI) dan Interpol membuahkan hasil positif, dengan sebagian besar buron asing berhasil dipulangkan untuk diadili di negara asalnya.

Pasang Iklan

“Dalam penanganan ini, ada berbagai jenis kasus yang menjerat para buron asing, mulai dari penipuan, penyelundupan, narkoba, kejahatan ekonomi di negaranya, hingga pembunuhan,” ungkap Direktur Jenderal Imigrasi, , dalam konferensi pers di Jakarta pada Jumat (17/11/2023).

Berdasarkan yang berhasil dikumpulkan, Imigrasi telah berhasil menangkap lima orang tersangka penipuan, lima orang pelaku kejahatan ekonomi, empat orang pelaku penjaminan dan fiktif, serta tiga orang terlibat . Sementara lima orang sisanya merupakan tersangka tindak pidana lainnya.

Salah satu keberhasilan mencolok adalah penangkapan seorang warga negara ganda Australia dan Italia, yang berhasil dideportasi pada tanggal 19 Februari 2023. Pria tersebut telah menjadi buron pemerintah Italia sejak 2016 atas tuduhan penyelundupan narkoba.

Pasang Iklan

Keberhasilan ini tidak lepas dari peran red notice Interpol, yang memungkinkan petugas imigrasi di Bandara Internasional Ngurah Rai, mengidentifikasi buron tersebut ketika mendarat dari Kuala Lumpur.

Salah satu warga negara asing yang diamankan oleh jajaran petugas Imigrasi yang kemudian di deportasi kenegara asalnya (Foto: Dok. )

Pada bulan September, Imigrasi juga berhasil menangkap seorang warga negara Italia yang diduga terlibat dalam penyelundupan manusia di sebuah hotel di Jakarta Pusat. Begitu pula dengan seorang buron interpol asal Rusia yang terlibat dalam kasus penipuan dan organisasi , yang kemudian diserahkan kepada Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polri.

xAyu Octa Lip care Serum