Kamis, 24 Okt 2024
xPasang iklan readnews
Iklan di ReadNews Pasti Untung

DPR RI-Parlemen Malaysia Bentuk Forum Parlemen Asia Tenggara untuk Kemerdekaan Palestina

waktu baca 2 menit
Sabtu, 13 Jul 2024 08:46 0 144 Abd Latif

READNEWS.ID, JAKARTA – Di tengah berbagai kecaman dan tekanan dunia atas tindakan keji genosida Zionis Israel yang dilakukan di , banyak negara di dunia yang belum mengakui Palestina sebagai bangsa merdeka dan berhak atas wilayah Palestina yang selama ini diduduki secara oleh Zionis Israel. Aksi genosida Israel atas warga Palestina membuka mata dunia bahwa kebiadaban dan kekejaman ala Nazi masih ada hingga sekarang.

Pasang Iklan

Telah nampak jelas berbagai pelanggaran internasional yang dilakukan para penjajah Israel yang secara sengaja membunuh sipil, utamanya wanita dan anak-anak secara brutal demi menguasai seluruh wilayah Palestina. Merespon hal itu, Ketua Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP) RI Fadli Zon menegaskan komitmennya untuk menggalang dukungan parlemen, terutama di tingkat regional yaitu Asia Tenggara melalui berbagai upaya lobi dan diplomasi parlemen. 

Demikian hal tersebut disampaikan dirinya dalam agenda pertemuan BKSAP DPR RI dengan Parlemen Malaysia yang dipimpin Syed Ibrahim selaku Ketua Kaukus Parlemen Malaysia untuk Palestina di Gedung Parlemen Malaysia, Kuala Lumpur, Malaysia, Kamis (11/07/). Dikutip dari Parlementaria, Jumat (12/07/2024), Fadli menyatakan dukungan atas pembentukan “Parlemen Asia Tenggara untuk Kemerdekaan Palestina”.

“Menggalang dukungan internasional untuk kemerdekaan Palestina bukan hanya tanggung jawab moral kita sebagai parlemen yang mewakili suara masyarakat, namun juga menjadi sebuah keharusan sebagai wujud nyata memperjuangkan keadilan dan perdamaian dunia. Untuk itu saya menyerukan agar parlemen Asia Tenggara dapat bersatu dalam mendukung Palestina menjadi anggota tetap dan mendapat pengakuan internasional sebagai bangsa yang merdeka,” tegas Fadli Zon yang didaulat menjadi Dewan Penasehat forum tersebut.

Pasang Iklan

Sebagai Liga Parlemen Dunia untuk Al-Quds dan Palestina, ia diharapkan bisa menjadi wadah bagi parlemen Asia Tenggara dalam mengoptimalkan upaya diplomasi melalui lobi, kampanye, dan dialog untuk mendukung kemerdekaan Palestina. Oleh karena itu, Fadli Zon didaulat sebagai Penasehat dalam Forum ini mewakili organisasi parlemen dunia untuk Palestina sekaligus DPR RI.

BKSAP DPR RI yang merupakan ‘focal point’ pelaksanaan diplomasi parlemen DPR RI senantiasa terlibat aktif dalam berbagai upaya memperjuangkan kemerdekaan Palestina di forum internasional dan regional. Mulai dari Inter-Parliamentary Union (IPU), Asian Parliamentary Assembly (APA), dan ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA). 

Politisi Fraksi ini kerap mendesak agar negara-negara yang selama ini berada di belakang Israel untuk menghentikan berbagai praktek standar ganda dan kemunafikan karena telah mendukung Zionis Israel melakukan penjajahan di tanah Palestina. Menurutnya, tindakan tersebut jelas-jelas bertentangan dengan Piagam PBB yang bertujuan mewujudkan perdamaian dan keamanan internasional. (AHK)

xAyu Octa Lip care Serum