Rabu, 23 Okt 2024
xPasang iklan readnews
Iklan di ReadNews Pasti Untung

Dugaan Pencatutan Dukungan Bacakada Disayangkan Pemuda Tapsel

waktu baca 2 menit
Minggu, 23 Jun 2024 02:40 0 92 M Rizky Hidayatullah

READNEWS.ID, TAPANULI SELATAN – Tokoh Pemuda Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), Rocky AP Gultom, SH, sayangkan mencuatnya dugaan pencatutan nama dan data untuk dukungan pencalonan bakal calon Kepala Daerah (Bacakada) perseorangan.

Pasang Iklan

“Padahal, sejumlah nama dan data masyarakat yang namanya kuat dugaan ikut termasuk pada pencatutan ini, mengaku tidak pernah merasa memberi dukungan terhadap salah satu Bacakada lewat jalur perseorangan,” kata Tokoh Pemuda yang juga Ketua MPC PP Tapsel itu, Sabtu (22/06/) petang.

Baginya, jika memang benar ada oknum yang sengaja mencatut nama atau data masyarakat tersebut tanpa izin, maka ini merupakan ranah . Sebab, kata Rocky, terjadi dugaan pemalsuan, baik itu dari segi dokumen maupun tandatangan.

“Maka tak heran, bermunculan berbagai surat pernyataan keberatan. Terutama, dari sejumlah masyarakat yang kuat dugaan jadi korban atas pencatutan ini,” imbuh Ketua Fraksi Gerindra Tapsel itu.

Pasang Iklan

Lebih jauh, sebagai anggota , ia meminta aparat penegak harus segera mengatensi persoalan ini dengan cepat. Sebab, ini berkaitan dengan tegaknya demokrasi pada skala Kabupaten Tapsel yaitu pada 27 November mendatang.

“Sesuai amanat dari Pancasila, perbuatan ini jelas bertentangan dengan dasar negara kita yang menjunjung tinggi demokrasi. Untuk itu, sebagai kalangan pemuda di Tapanuli Selatan, kami juga meminta ke penyelenggara Pilkada, agar menindak lanjuti persoalan ini dengan serius,” harap Rocky.

“Jangan sampai, persoalan ini jadi liar dan polemik di masyarakat. Kita semua menginginkan, mulai dari tahapan hingga hari H nanti, berlangsung dengan demokratis dan transparan. Jangan sampai ada perbuatan-perbuatan inkonstitusional di dalamnya,” tambah Rocky.

Jaga Kekondusifan Jelang Pilkada

Kendati demikian, Rocky menghimbau kepada seluruh Pemuda di Tapsel untuk tetap menjaga suasana yang aman dan kondusif menjelang Pilkada. Jika ada masyarakat yang merasa keberatan, ia menyarankan agar segera menempuh jalur yang sesuai dengan konstitusi.

“Indonesia adalah negara hukum. Untuk itu, tempuhlah cara-cara yang tidak melanggar konstitusi dalam setiap penyelesaian permasalahan. Dalam hal ini, kami turut berduka atas matinya demokrasi di Tapsel, jika memang benar terjadi dugaan pencatutan dukungan kepada Bacakada dari jalur perseorangan,” kecam Rocky menutup.(Rel)

M Rizky Hidayatullah

xAyu Octa Lip care Serum