Jumat, 25 Okt 2024
xPasang iklan readnews
Iklan di ReadNews Pasti Untung

Kemenkumham Sulteng: Pancasila Jadi Kompas Menuju Indonesia Maju

waktu baca 2 menit
Selasa, 1 Okt 2024 10:30 0 9 M Rizky Hidayatullah

READNEWS.ID, – Dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila, Kantor Wilayah dan HAM Sulawesi Tengah () menggelar yang khidmat di halaman kantor, Selasa, (1/10/).

Pasang Iklan

Dengan mengusung tema “Bersama Pancasila Kita Wujudkan Emas”, seluruh jajaran Kemenkumham berkomitmen untuk terus mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dalam setiap tugas dan fungsinya.

, Kepala Kanwil Kemenkumham Sulteng mengatakan bahwa Pancasila sebagai ideologi negara Indonesia yang memiliki peran yang fundamental dalam kehidupan berbangsa dan bernegera.

Pancasila juga ia yakini menjadi sebuah kompas untuk mewujudkan tujuan banga Indonesia, yakni Indonesia Emas, yang maju, adil dan sejahtera.

Pasang Iklan

“Pancasila bukan hanya sekedar ideologi negara, namun juga menjadi kompas bagi bangsa Indonesia untuk mencapai tujuan bersama, yakni mewujudkan Indonesia yang maju, adil, dan sejahtera,” terangnya.

Lebih lanjut, Hermansyah Siregar juga mengimbau kepada seluruh jajarannya untuk memiliki rasa tanggung jawab yang besar dalam mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam setiap sendi kehidupan.

Terlebih, kata dia, nilai-nilai tersebut mesti mencerminkan seluruh pelayanan yang diampuh oleh jajaran Kemenkumham Sulteng.

“Sebagai aparatur negara, kita memiliki tanggung jawab yang besar untuk menjaga dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari,” tambahnya.

Dalam momen sakral tersebut, turut dihadiri juga oleh Kepala Divisi (Kadiv) Administrasi, Raymond JH. Takasenseran, Kadiv Pemasyarakatan, Yudi Suseno, Kadiv Pelayanan Hukum dan HAM, Zuliansyah, serta para pejabat Administrator dan Pengawas dan segenap staf Kemenkumham Sulteng.

Didaulat sebagai Inspektur Upacara, Raymond turut menekankan pentingnya menjaga dan kesatuan bangsa di tengah keberagaman yang ada.

“Dalam era globalisasi yang penuh tantangan, kita harus semakin memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa. Pancasila telah terbukti mampu mempersatukan bangsa Indonesia yang terdiri dari berbagai suku, agama, dan ras,” sambung Raymond.

Upacara bendera tersebut juga dilaksanakan di seluruh unit pelaksana teknis baik Pemasyarakatan maupun Keimigrasian se-Sulteng. Dengan memperingati Hari Kesaktian Pancasila, Kanwil Kemenkumham Sulteng berharap dapat meningkatkan kesadaran seluruh jajaran akan pentingnya nilai-nilai Pancasila dan mendorong semangat untuk terus berkontribusi dalam membangun bangsa.

M Rizky Hidayatullah

xAyu Octa Lip care Serum