Kamis, 13 Jun 2024
xPasang iklan readnews
Iklan di ReadNews Pasti Untung

Pemkab Parimo Ikuti Rapat Koordinasi Persiapan Gerakan 10 Juta Bendera

waktu baca 2 menit
Selasa, 28 Mei 2024 04:27 0 51 M Rizky Hidayatullah

READNEWS.ID, PARIGI MOUTONG – Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong, melalui Badan Kesatuan Bangsa () mengikuti Rapat Koordinasi Persiapan Pelaksanaan Kegiatan Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Tahun , yang dilakukan secara daring. Bertempat di ruang Rapat Kesbangpol. Senin (27/5/2024).

Pasang Iklan

Kegiatan Rakor tersebut dipimpin langsung oleh Plh. Direktorat Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, Togap Simangunsong.

Sesuai Surat Dalam Negeri Nomor 400.10.1.1/2152/SJ Tanggal 8 Mei 2024 tentang Gerakan Pembagian Bendera Merah Putih Tahun 2024, bahwa dalam rangka menggugah rasa cinta tanah air serta untuk meningkatkan semangat nasionalisme masyarakat Indonesia, maka dipandang perlu pelaksanaan Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih Tahun 2024. Bendera Merah Putih sebagai identitas, simbol, dan alat pemersatu masyarakat Indonesia.

Togap mengatakan, Gerakan Pembagian Bendera Merah Putih Tahun 2024 rencananya akan dilaksanakan mulai tanggal 1 Juni hingga 17 Agustus 2024, dan diharapkan pada minggu pertama bulan Juni ini, seluruh Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Indonesia sudah mulai melaksanakan gerakan ini, kegiatan ini diawali dengan Deklarasi atau Pencanangan oleh Kepala masing-masing yang melibatkan seluruh komponen masyarakat di wilayahnya.

Pasang Iklan

“Olehnya, Rapat Koordinasi pada hari ini dilakukan guna menyamakan persepsi dan gerak langkah aksi nyata pelaksanaan Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih yang akan dilakukan oleh Daerah-Daerah,” ujarnya.

Ia menjelaskan bahwa pelaksanaan pencanangan gerakan simbolis pembagian 10 juta bendera merah putih sebelumnya telah dilakukan di Kota Lhokseumawe Provinsi pada tanggal 17 Juni 2023, kemudian di Kabupaten Bulukumba, Provinsi pada tanggal 10-13 Agustus 2023 yang digelar secara meriah.

Selanjutnya, acara serupapun direncanakan akan diadakan di Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur pada tanggal 8 Juni 2024 mendatang.

“Rencananya, acara puncak akan digelar di Ibu Kota Negara (IKN), akan tetapi masih melihat situasi dan kondisi lebih pastinya di atau di Balikpapan,” jelasnya.

Sekretaris Kesbangpol, Abdul Rahman Badja via zoom melaporkan rencananya di bulan juni nanti Pemerintahan Kabupaten melalui Kesbangpol telah menurunkan surat kepada seluruh BUMN, OPD, Kecamatan, Desa sampai tingkat Kelurahan dalam rangka untuk mensukseskan Pelaksanaan Kegiatan Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih Tahun 2024,

“Kalau menentukan waktunya belum, karena menunggu terkumpulnya Bendera sesuai dengan itu surat edarannya Pj Bupati, lalu serentak kami canangkan Gerakan National itu,” ujarnya.

Turut hadir mendampingi Kepala Kesbangpol Aminudin, Sekretaris, Abdul Rahman Badja, Kepala Bidang Bina Ideologi, wawasan Kebangsaan dan Karakter Bangsa, Kepala Bidang Politik Dalam Negeri dan beberapa OPD terkait.

M Rizky Hidayatullah

xAyu Octa Lip care Serum