Rabu, 23 Okt 2024
xPasang iklan readnews
Iklan di ReadNews Pasti Untung

Presiden Jokowi Teken 9 nama Calon Pansel KPK

waktu baca 2 menit
Kamis, 30 Mei 2024 23:21 0 149 M Rizky Hidayatullah

READNEWS.ID, meneken sembilan nama calon Panitia Seleksi (Pansel) KPK. Ia mengatakan penandatanganan itu dilakukan sehari sebelum melakukan kunjungan ke Sumatera Selatan.

Pasang Iklan

sudah saya tanda tangani kemarin, sebelum berangkat sudah saya tandatangani. Ada 9 nama yang masuk tapi saya nggak hapal,” kata Jokowi usai meninjau Lawang Agung, Sumatera Selatan, Kamis (30/5/2024).

Ketika ditanya soal pembagian unsur antara dan pihak profesional dari 9 nama tersebut, Jokowi mengaku tidak mengetahui rinciannya.

“Tapi saya kira 50:50 lah,” ucapnya.

Pasang Iklan

Jokowi meminta untuk menanyakan hal tersebut ke Mensesneg perihal nama-nama calon Pansel KPK yang sudah ditandatanganinya.

“Pansel KPK tanyakan ke Mensesneg, tapi sudah saya tandatangani kemarin sebelum saya berangkat,” ujarnya.

Sebelumnya, Corruption Watch () dan Pusat Studi dan Kebijakan (PSHK) Merekomendasikan 20 nama lebih untuk anggota Pansel Calon dan Dewas KPK.

“Ada lebih dari 20 nama kita serahkan ke Deputi V KSP,” kata peneliti dari ICW, Kurnia Ramadhana, di kompleks Istana Kepresidenan, Senin (20/5/2024).

Kurnia mengatakan nama-nama yang direkomendasikan tersebut terdiri dari berbagai latar belakang. Namun, Ia tidak bisa menjelaskan secara rinci 20 nama yang direkomendasikan itu.

“Kami tidak bisa sampaikan nama-namanya siapa saja, akan tetapi kami cukup meyakini pihak-pihak yang kami dorong ke pemerintah adalah figur-figur yang betul-betul memahami permasalahan pemberantasan secara umum dan pemberantasan korupsi yang ada di KPK,” pungkasnya (Ardy).

M Rizky Hidayatullah

xAyu Octa Lip care Serum