Rabu, 23 Okt 2024
xPasang iklan readnews
Iklan di ReadNews Pasti Untung

Rapat Pimpinan Imigrasi: Bahas Transformasi Border, Keamanan, dan Kontribusi Ekonomi

waktu baca 2 menit
Rabu, 31 Jan 2024 21:35 0 144 M Rizky Hidayatullah

READNEWS.ID, PALU – Hotel Ritz Carlton menjadi saksi dari gelaran Rapat Pimpinan Imigrasi yang menjadi wadah konsolidasi para pemangku kepentingan untuk membahas beragam isu terkait perbatasan (border), keamanan (security), dan kontribusi ekonomi (prosperity). Selasa, (30/01/).

Pasang Iklan

Forum ini dihadiri oleh narasumber kelas , termasuk Wakil Komisioner Kebijakan dan Transformasi dari Immigration and Checkpoints Authority (ICA) Singapura, Cora Chen; Deputy Director General of Immigration Malaysia (Operation), Jafri Embok Taha; serta Regional Director Departments of Home Affairs dari Kedutaan Besar Australia, Josephine Lamshed. Mereka berbagi praktik terbaik dalam pengelolaan fungsi imigrasi di negara masing-masing.

Dari dalam negeri, sejumlah tokoh penting turut hadir, antara lain Keuangan Sri Mulyani, Menteri dan RB Abdullah Azwar Anas, Kepala Badan Reserse Kriminal POLRI Komjen Wahyu Widada, Kepala Staf Umum TNI Letnan Jenderal TNI Bambang Ismawan, serta Agung Muda Bidang Intelijen Reda Manthovani. Mereka membahas sinergi antar kementerian/lembaga terkait dengan pelaksanaan tugas fungsi imigrasi.

Sri Mulyani, Menteri Keuangan, memperinci kontribusi imigrasi terhadap penerimaan negara, mengapresiasi pertumbuhan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) Ditjen Imigrasi yang mencapai Rp 7,6 triliun di tahun 2023. Menteri Azwar Anas, dari PAN dan RB, memaparkan visi layanan digital yang sejalan dengan transformasi peran keimigrasian.

Pasang Iklan

Direktur Jenderal Imigrasi, Silmy Karim, menekankan pentingnya transformasi digital dalam pengelolaan border, termasuk kebijakan, proses bisnis, sumber daya manusia, teknologi, serta sarana prasarana. Rapat dihadiri oleh 270 peserta dari berbagai instansi terkait, yang dimotivasi untuk tidak hanya menjalankan fungsi keamanan negara, tetapi juga aktif dalam mendorong aktivitas ekonomi dan perdagangan dengan negara tetangga.

Silmy menekankan bahwa perlu mengubah orientasi mengenai border, mempertimbangkan aspek , ekonomi, dan politik. Aspek prosperity diharapkan akan mendorong investor asing untuk menanamkan modalnya di wilayah perbatasan, sambil memperhatikan aspek keamanan dan .

Rapat Pimpinan Imigrasi ini menjadi tonggak penting dalam merumuskan langkah-langkah strategis dalam mengelola border, menciptakan keamanan, dan mendorong kontribusi ekonomi, seiring dengan semangat transformasi digital yang terus berkembang di Indonesia. (mrh)

M Rizky Hidayatullah

xAyu Octa Lip care Serum