Rabu, 23 Okt 2024
xPasang iklan readnews
Iklan di ReadNews Pasti Untung

Diduga Salah Gunakan Dana Desa, Warga Gelar Unjuk Rasa Buat Sang Kades

waktu baca 2 menit
Rabu, 22 Mei 2024 18:47 0 143 Syamsuyadi DS

READNEWS.ID, POSO – Massa menggelar karena kecewa dengan kepala desa (Kades) Tongko berinisial TSD, yang diduga korupsi anggaran .

Pasang Iklan

Sekitar 80 an massa merupakan Tongko mendatangi gedung , untuk menyampaikan aspirasinya.

Abdul Hafid Siruru dalam orasinya mengatakan, kegiatan demo hari ini dilakukan untuk menuntut hak-hak warga Tongko yang sudah disalahkan gunakan pemerintah desa Tongko.

“Kami tidak ada kepentingan apa-apa, hanya menuntut hak melalui dana desa,” ungkapnya, saat berada di depan gedung DPRD Poso.

Pasang Iklan

Warga meminta, agar Kades Tongko diturunkan dari jabatannya karena selama ini telah banyak menggunakan dana desa untuk kepentingan pribadi.

Menurutnya, beberapa hal yang menjadi polemik di masyarakat Desa Tongko, semenjak ditetapkan dan mulai menjalankan roda pemerintahan Desa Tongko pada 3 Januari 2022, kades telah melakukan pelanggaran undang-undang, kode etik, peraturan dan norma-norma agama serta adat istiadat yang berlaku.

Kata Abdul Hafid, hasil temuan masyarakat bahwa pengangkatan yang tidak sesuai dengan kualifikasi dan prosedur yang mengarah kepada .

Selain itu, hilangnya aset kantor Desa Tongko seperti infokus, televisi, tangki semprot, mesin pemotong rumput, mesin pompa air (alkon), komputer, dan lain-lain.

Bahkan adanya dugaan korupsi atas dana pembangunan Rutilahu Gakin, jamban sehat, jalan kantong produksi 1.500 meter, dan Drainase 300 meter.

Tak hanya itu, massa aksi menyebut dugaan korupsi atas dana desa Tongko, Bantuan Langsung Tunai (BLT) tahap 4 Tahun 2023, tunjangan perangkat desa, gaji dan operasional Badan Permusyawaratan Desa (BPD), gaji RT, gaji Satuan Pelindung Masyarakat (LINMAS), kader Posyandu, lembaga adat, Bidan Desa, Honorer dan Pemuka Agama tahun anggaran 2023.

“Jadi dugaan korupsi Kades sekitar Rp 400 jutaan lebih, ini masyarakat kecewa,” ungkapnya.

Perwakilan massa aksi kemudian melakukan pertemuan dengan sejumlah DPRD Poso dan menyerahkan pernyataan sikap.

Usai bertemu dengan anggota DPRD Poso, para pendemo mendatangi Kantor dan melakukan pertemuan terkait tuntutan warga Tongko. (SYM)

xAyu Octa Lip care Serum