Kamis, 24 Okt 2024
xPasang iklan readnews
Iklan di ReadNews Pasti Untung

Gelar Panen Raya, Bupati Verna Perintahkan Perhatian khusus Dan Perlindungan Bagi Masyarakat Petani

waktu baca 3 menit
Kamis, 13 Jun 2024 17:52 0 446 Syamsuyadi DS

READNEWS.ID, dr. Verna GM Inkiriwang, bersama sejumlah Forkominda menggelar panen raya padi sawah di wilayah, kecamatan Poso , kamis (13/06/).

Pasang Iklan

Kegiatan panen raya yang di konsentrasikan di zona persawahan masyarakat, di seputaran jalan Poros Pantango, kelurahan Kasiguncu, kecamatan Poso Pesisir, kabupaten Poso itu, selain di hadiri para yang tergabung dalam sejumlah kelompok tani se-kecamatan Poso Pesisir, tampak juga para penyuluh serta jajaran Dinas Pertanian Kabupaten Poso serta para pejabat lingkup OPD terkait .

Sebelum dilaksanakannya pembukaan Panen raya oleh Bupati Poso, dalam sambutanya orang nomor satu di Pemkab Poso itu antara kami mengatakan, keperdulian dan perhatian besar telah di curahkan oleh dalam rangka peningkatan kesejahteraan petani melalui berbagai bantuan seperti, benih jagung seluas 500 ha akan terdistribusi pada 28 kelompok tani di Kasiguncu, Tabalu, Betania, Masamba, Lape, Mapane, Toini, Tokorondo, Bega, Towu, Masani, Pinedapa dan dea Saatu.serta benih padi dan saprodi seluas 618 ha tersebar di 35 kelompok tani di Kasiguncu, Masamba, Mapane, Masani, pinedapa, dan Saatu.

Selanjutnya bantuan kata Bupati Poso berupa, bantuan saprodi penangkaran padi untuk kelompok tani di desa saatu, yaitu kelompok teambaita seluas 10 ha, sejumlah rp. 25.000.000,- (melalui transfer langsung) serta bantuan alsin pasca panen (combine harvester), dan bantuan bibit dan alpukat di beberapa desa dan kelompok tani yang ada di kecamatan poso pesisir.

Pasang Iklan

“harapan kami tentunya semua bantuan yang diberikan ini dapat memberi manfaat untuk peningkatan ekonomi masyarakat khususnya petani, baik itu untuk ditabung maupun untuk dijadikan modal pada musim tanam berikutnya” ungkap Bupati Poso.

Lebih jauh kata Bupati Poso, pemerintah daerah akan terus berupaya membantu masyarakat petani, bukan sekedar dalam konteks pada level bantuan benih maupun peralatan, bahkan dalam perlindungan berupa asuransi jika situasi gagal panen dan hal hal yang tidak terduga terjadi pada para petani.

Bahkan bupati menginstruksikan agar semua komponen terkait agar senantiasa membantu masyarakat petani dalam berbagai urusan kepentingan mereka. “kepada semua pihak saya berharap untuk senantiasa membantu mendukung petani dalam melaksanakan berbagai aktivitas dan senantiasa memberikan kemudahan” jelas Bupati Poso.

Penghargaan kepada masyarakat petani merupakan hal penting yang di berikan pemerintah daerah tidak lain, mengingat pernah strategis dan vital yang dilakukan oleh masyarakat petani.

“Yang pasti Bupati Poso akan terus memberikan perhatian dan dukungan yang optimal kepada petani karena pernah penting petani itu sendiri, terutama pemenuhan terhadap kebutuhan bahan pokok bagi masyarakat” ucap Kepal Dinas Pertanian Kabupaten Poso, Mustafa Abd Tohan.

Selanjutnya Bupati Poso, bersama unsur Forkopimda melaksanakan pembukaan. Panen raya dengan langsung ke sawah masyarakat. Selain melakukan panen secara manual pada kesempatan itu bupati Verna juga mengendarai odong odong, berupa kendaraan alat panen yang lebih mutahir. (SYM)

xAyu Octa Lip care Serum