Rabu, 23 Okt 2024
xPasang iklan readnews
Iklan di ReadNews Pasti Untung

Kejati Sulteng Sita Uang Rp 3 Miliar Terkait Kasus Korupsi Pengadaan Alat Laboratorium Untad

waktu baca 2 menit
Senin, 14 Okt 2024 17:38 0 57 M Rizky Hidayatullah

READNEWS.ID, PALU Tinggi (Kejati) Sulawesi Tengah menggelar konferensi terkait perkembangan penyidikan kasus dugaan tindak (tipikor) dalam pengadaan alat laboratorium untuk Layanan Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako Tahun Anggaran 2022.

Pasang Iklan

dipimpin langsung Kepala Kejati Sulteng, , didampingi Asisten Tindak Pidana Khusus, Andi Panca Sakti, SH, serta tim yang terdiri dari Asmah, SH, (ketua tim), Kasi Penyidikan Reza Hidayat, SH, MH, dan Kasi Penkum Laode Abdul Sofian, SH, MH.

Dalam konferensi pers yang berlangsung di ruang Pres Conference Command Center Kejati Sulteng pada Senin, 14 Oktober , pukul 10.00 WITA, Kepala Kejati menyampaikan bahwa penyidik telah melakukan penyitaan terhadap barang bukti berupa uang tunai sebesar Rp 3.094.344.295,- (tiga miliar sembilan puluh empat juta tiga ratus empat puluh empat ribu dua ratus sembilan puluh lima rupiah).

Uang tersebut disita dari Tri Purnomo (TP), yang merupakan direktur CV. Satria Bayu Aji. Penyitaan dilakukan berdasarkan Surat Perintah Penyitaan (Sprint) nomor: Print-73/P.2.5/Fd.1/09/2024 tertanggal 26 September 2024. Uang tersebut diakui sebagai pengembalian kerugian negara sesuai dengan hasil audit yang dilakukan oleh ahli.

Pasang Iklan

Sebelumnya, penyidik telah menetapkan dua tersangka dalam kasus ini, yaitu Tri Purnomo (TP) selaku pihak pelaksana proyek dan Fuad Zubaidi (FZ) yang menjabat sebagai Pejabat Pembuat Komitmen (PPK). Keduanya diduga kuat terlibat dalam tindak pidana korupsi yang menyebabkan kerugian negara sebesar Rp 3.094.344.295,-.

Penyidikan lebih lanjut tengah dilakukan untuk mengungkap lebih banyak detail terkait keterlibatan kedua tersangka dalam proyek pengadaan alat laboratorium yang seharusnya digunakan untuk menunjang kegiatan pendidikan di Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako.

Kejaksaan Tinggi Sulawesi Tengah menegaskan komitmennya untuk terus menindak tegas kasus-kasus korupsi yang merugikan negara, terutama yang berkaitan dengan sektor pendidikan.

M Rizky Hidayatullah

xAyu Octa Lip care Serum