Rabu, 23 Okt 2024
xPasang iklan readnews
Iklan di ReadNews Pasti Untung

Koalisi Masyarakat Sipil Menyikapi Penyelenggaraan AFML 16

waktu baca 2 menit
Senin, 23 Okt 2023 18:56 0 128 M Rizky Hidayatullah

READNEWS.ID, – Koalisi Masyarakat Sipil yang terdiri dari Human Rights Working Group (HRWG), Migrant Care, Jaringan Buruh Migrant (JBM), Migran Indonesia (SBMI), Serikat Buruh Migran dan Informal Indonesia (SEBUMI), Beranda Migran, dan Perserikatan , menyikapi penyelenggaraan Forum on Migrant Labour (AFML) ke 16 yang akan di selenggarakan di , pada 25-26 Oktober 2023.

Pasang Iklan

Dalam keterangannya, mereka meminta agar acara tahunan bagi negara ASEAN itu harus menghasilkan rekomendasi konkrit dalam mewujudkan hak-hak bagi negara anggota ASEAN.

Karena, menurut mereka hingga saat ini (sampai pelaksanaan AFML ke 15) telah menghasilkan ratusan rekomendasi namun tidak memberikan perubahan yang signifikan bagi kondisi pekerja Migran di Kawasan yang hingga saat ini menghadapi berbagai kerentanan yang berlapis.

Sementara itu, terkait dengan acara AFML ke 16, telah berlangsung Pre-AFML pada tanggal 19 September 2023 lalu yang menghasilkan dua rekomendasi subtema, yakni, (1) Meningkatkan Migrasi tenaga kerja di ASEAN, dan (2) Memastikan jalur Migrasi legal yang inklusif dan responsive terhadap proses tenaga kerja.

Pasang Iklan

Untuk di ketahui, Acara AFML yang di beri tema “Enhancing the effectiveness of legal pathways for labour migration in ASEAN” merupakan pertemuan tahunan antar negara anggota ASEAN untuk merumuskan rencana aksi terkait upaya mewujudkan tata kelola migrasi tenaga di Kawasan Asia Tenggara berdasarkan deklarasi ASEAN tahun 2007 tentang perlindungan dan promosi hak-hak pekerja Migran dan Konsensus ASEAN 2017 tentang Perlindungan dan Promosi hak-hak pekerja Migran. (Ardi).

M Rizky Hidayatullah

xAyu Octa Lip care Serum