Kamis, 24 Okt 2024
xPasang iklan readnews
Iklan di ReadNews Pasti Untung

Melalui Festival Agribisnis, Tingkatkan Kesejahteraan Hidup Kaum Petani

waktu baca 3 menit
Kamis, 20 Jun 2024 22:42 0 154 Syamsuyadi DS

READNEWS.ID, POSO – dr. Verna GM InKiriwang, menyatakan harapan serta optimismenya, terhadap sektor yang akan mampu memberikan nilai pada upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat yang berada di wilayah kabupaten Poso.

Pasang Iklan

Hal penting ini disampaikan. Bupati Verna saat memberikan sambutan pada acara pembukaan Festival Agribisnis yang digelar di lapangan kelurahan Mapane, kecamatan Poso kabupaten Poso , dalam rangka memperingati Hari Krida Pertanian yang pad tanggal 20 Juni 2024.

Pada kesempatan itu, Bupati juga menegaskan Festival Agribisnis yang di selenggarakan bukan sekadar perayaan semata, namun juga sebuah wujud nyata dari komitmen semua pihak untuk terus mengembangkan potensi pertanian di kabupaten Poso.

“Melalui festival ini kita tidak hanya ingin memamerkan hasil-hasil dari usaha dan kerja keras para kita, tetapi juga ingin menjembatani antara produsen dan konsumen dalam sebuah pasar yang dinamis dan berdaya saing yang tentunya berujung pada kesejahteraan petani kita,” terang Bupati Verna.

Pasang Iklan

Lebih jauh ditambahkan Bupati Verna, para petani merupakan tulang punggung pertanian , telah berjuang keras untuk menghasilkan produk-produk unggul yang layak dipamerkan di festival ini. kehadiran mereka di sini bukan hanya sebagai peserta, tetapi juga sebagai tanpa tanda jasa yang layak kita beri apresiasi setinggi-tingginya.

Olehnya bupati Verna mengajak para petani agar menjadikan kegiatan festival agribisnis sebagai momentum untuk terus berinovasi dan meningkatkan kualitas hasil pertanian kita. mari kita bersama-sama menciptakan terobosan-terobosan baru yang dapat membawa pertanian di daerah kita menuju arah yang lebih baik dan lebih memberikan kesejahteraan masyarakat kabupaten Poso, khususnya masyarakat petani.

Menariknya, usai memberikan sambutan serta dan membuka acara festivak, Bupati Verna menula sesi tanya jawab dari petani kepada pemerintah daerah kabupaten Poso.

Memanfaatkan kesempatan tersebut 6 orang petani dari berbagai desa yang ada di kecamatan Poso Pesisir bersaudara. Mulai dari masalah , pengadaan pupuk bersubsidi, hingga pengadaan bibit bantuan, sempat menjadi curhatan warga petani.

Terkait semua keluhan bupati Verna langsung mengkoordinasikan keluhan petani bersama OPD terkait yang hadir pada kegiatan Festival tersebut, untuk dilakukan berbagai upaya atau mencari solusi terkait keluhan warga petani.

“Makanya dengan dialog ini, saya bisa mendapat informasi yang ada di lapangan. Olehnya bantu kami dengan berbagai informasi sehingga kedepan kami dapat mengarahkan berbagai kebijakan yang berpihak pada kepentingan masyarakat petani” ungkap Bupati Verna.

Kadis Pertanian Kabupaten Poso Mustafa Abd. Tohang pada kesempatan itu menyatakan, jika festival merupakan momentum untuk mendorong petani lebih termotivasi dalam menggarap lahan serta menghasilkan produk yang berkualitas

Selain kegiatan festival agribisnis merupakan bentuk apresiasi kepada para petani dan juga bagian untuk menjembatani antara petani dan pihak pengusaha bisa pertanian yang nantinya bermuara pada hubungan yang saling menguntungkan.

“Olehnya pada kesempatan ini kami menampilkan hasil produk pertanian yang berasal dari berbagai desa/kelurahan yang berada di kecamatan Poso Pesisir bersaudara . Dimana produk yang kami tampilkan merupakan produk atau komoditas unggulan yang di hasilkan petani kita seperti, padi, jagung, kakao, dan kedele” pungkas PLt kadis pertanian kabupaten Poso ini. (SYM)

xAyu Octa Lip care Serum