Rabu, 23 Okt 2024
xPasang iklan readnews
Iklan di ReadNews Pasti Untung

Peringati Hari Lingkungan Hidup, PT AR Tanam Ribuan Pohon

waktu baca 5 menit
Selasa, 16 Jul 2024 12:02 0 88 M Rizky Hidayatullah

READNEWS.ID, TAPANULI SELATAN – Dalam rangka memperingati Hari Sedunia 2024, PT Agincourt Resources (AR), selaku pengelola Tambang Emas Martabe, tanam ribuan Pohon sepanjang Juni 2024.

Pasang Iklan

Selain tanam ribuan atau 3.310 Pohon dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024, sebagai wujud komitmen nyata melestarikan alam, PT AR juga memperluas area fasilitas pembibitan tanaman (Nursery) menjadi 6.000 M².

“Jumlah ini, (lebih banyak) dua kali lipat dari luas sebelumnya,” ungkap General Manager Operations (GMO) PT AR, Rahmat Lubis, dalam rilis resmi kepada wartawan, Senin (15/07/2024).

Hadapi Tantangan Besar Lingkungan

Rahmat mengatakan, dalam tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024: “Restorasi Lahan, Penggurunan, dan Ketahanan terhadap Kekeringan” ini bertujuan untuk bersama menghadapi salah satu tantangan besar lingkungan saat ini.

Pasang Iklan

Tantangan besar itu, kata Rahmat, yaitu mempercepat restorasi lahan yang terdegradasi. Menurutnya, ini sejalan dengan penerapan selama ini yang berbasis pelestarian lingkungan. Pihaknya, juga sangat bersemangat memberi dampak positif ke lingkungan dan masyarakat sekitar.

“Inisiatif-inisiatif kami dalam melestarikan alam tidak hanya sebagai tanggungjawab sosial. Tetapi juga sebagai jangka panjang dalam masa depan yang berkelanjutan,” tutur Rahmat.

Menurut Rahmat, wilayah kerja PT AR di (Tapsel), Provinsi Sumatra Utara (Sumut), tentu telah menjadi bagian komitmen Perusahaan dalam merehabilitasi lahan pasca tambang. Yakni, dengan cara melakukan penanaman dan pembibitan tanaman.

Di bidang penanaman, ia membeberkan, pada Juni 2024 PT AR menanam 1.640 bibit Pohon di area reklamasi. Serta, penanaman 1.670 bibit pohon di Hutan asli. Sepanjang semester I tahun 2024, jumlah penanaman bibit di area reklamasi sebanyak 4.567 bibit Pohon dan di Hutan asli 8.860 bibit Pohon.

Sementara, lanjutnya, total area reklamasi hingga Juni 2024 mencapai 64,52 Hektare. Kegiatan reklamasi ini juga, sebut Rahmat, sejalan dengan kewajiban pemegang izin usaha pertambangan (IUP) dalam memenuhi aspek pengelolaan lingkungan pertambangan, reklamasi, serta pasca tambang dan pasca operasi.

“Sebagaimana, hal ini telah tertuang dalam Peraturan Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) No.26/2018. Di bidang pembibitan tanaman, Perusahaan memperluas Nursery menjadi 6.000 M², dua kali lipat dari luas awal,” imbuh Rahmat.

Mendukung Riset dan Inovasi

Manager Environmental PT AR, Mahmud Subagya, mengatakan perluasan Nursery harapannya dapat mendukung kegiatan riset serta inovasi dalam pengelolaan lingkungan dan keanekaragaman hayati di sekitar Tambang Emas Martabe.

“Selain untuk meningkatkan produksi bibit, kami memperluas Nursery untuk mendukung kegiatan reklamasi pasca tambang dan menunjang program keanekaragaman hayati,” katanya.

Ia memaparkan, perluasan Nursery juga mencakup pembangunan laboratorium mikoriza untuk menganalisis jumlah dan spesies spora dan individu mikoriza dari area reklamasi dan Hutan asli.

Hasil penelitian tersebut, sambungnya, berfungsi untuk mengidentifikasi rekomendasi yang tepat dalam mendukung proses reklamasi lahan secara optimal. Replikasi program ini, menurutnya, bisa menghasilkan pupuk hayati mikoriza yang dapat berguna di area operasional Martabe dan masyarakat sekitar.

“Saban tahun, Nursery memproduksi sekitar 48.000 bibit tanaman lokal. Misalnya jenis, Torop (Artocarpus elasticus), Simarbaliding (Ixonanthes reticulata), Medang (Litsea elliptica), Pulai (Alstonia scholaris), Kapur Barus (Dryobalanopssp), dan Kruing (Dipterocarpus sp),” rincinya.

Kata Mahmud, Perusahaan telah menerapkan sejumlah metode pembibitan di Nursery. Salah satunya, seed ball yang merupakan bulatan kecil berdiameter 20 hingg 30 Cm berisi tanah pucuk, pupuk kompos, dan biji-biji tanaman.

Sambungnya, benih tanaman tersebut nantinya di lempar ke area Hutan alam atau reklamasi. Khususnya untuk keperluan pengayaan tanaman lokal maupun restorasi ekosistem. Selain di lempar langsung, penanam bisa juga menjatuhkan seed ball bisa memakai bantuan helikopter (aeroseedling).

“PT AR juga menerapkan metode lain di Nursery antara lain, pengembangan teknologi kultur jaringan, penanaman pillow ball, dan penanaman hydroseeding,” bebernya.

Hadiah Rp67,5 Juta

Sebagai penutup, Lomba Desa Ramah Lingkungan se-Kecamatan Toru dan Muara Batang Toru, turut memeriahkan perayaan Hari Lingkungan Hidup Sedunia ini dengan total hadiah senilai Rp67,5 juta.

Desa Garoga meraih juara pertama. Sedangkan Desa Hapesong Baru menduduki juara kedua. Dan Desa Pardamean, berhasil merebut juara . Adapun, juara harapan pertama jatuh ke Kelurahan Aek Pining.

Kemudian, juara harapan kedua, jatuh ke Desa Wek III. Serta, juara harapan ketiga jatuh ke Desa Hutabaru Siagian. Sebagai informasi, menjelang Hari Lingkungan Hidup Sedunia pada 5 Juni lalu, PT AR melakukan aksi tanam 60.000 bibit Mangrove.

Selain itu, PT AR juga menebar 50.000 bibit kerang dan kepiting di lahan seluas 19 Hektare. Lokasinya, berada di Kelurahan Kalangan dan Desa Sitio-tio Hilir, Kecamatan Pandan, Tapanuli Tengah.

Dengan aksi penanaman kedua kalinya ini, PT AR telah menanam Mangrove sejak 2023 sebanyak 90.000 bibit di area seluas 29 Hektare. Di ranah edukasi dan sosialisasi, PT AR juga menyelenggarakan seminar.

Tema seminar sendiri, yaitu “Strategi Restorasi Lahan dalam Mendukung Mitigasi Perubahan dan Konservasi Ekosistem Hutan Hujan Tropis”.

Sekitar 150 orang menghadiri seminar secara daring dan luring dengan menghadirkan dua pemateri, yakni Guru Besar dan Dosen Fakultas Kehutanan USU, Prof Dr Delvian serta Team Leader Panduan Penilaian Non-Carbon Benefits Implementasi REDD+, Dr Phil Iding A Haidir.

Bukti Kurangi Dampak Negatif ke Lingkungan

Terpisah, Kepala Desa Garoga, Risman Rambe, mengatakan kemenangan Desa-nya merupakan bukti suksesnya dalam mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan. Serta, menciptakan lingkungan yang sehat dan lestari.

“Hadiah lomba senilai Rp20 juta. Hadiahnya, akan kami gunakan untuk menambah kas Desa. Tujuannya, guna membeli 1 unit Ambulans Desa yang akan sangat bermanfaat bagi warga,” tukas Risman.

M Rizky Hidayatullah

xAyu Octa Lip care Serum