Rabu, 23 Okt 2024
xPasang iklan readnews
Iklan di ReadNews Pasti Untung

Petugas Pemilu Harus Utamakan Pemilih Disabilitas

waktu baca 2 menit
Kamis, 25 Jan 2024 03:53 0 250 M Rizky Hidayatullah

READNEWS.ID, – Setiap petugas yang nantinya akan berperan vital di penyelenggaraan Pemilu, harus utamakan hak-hak dari pemilih disabilitas. Selain pemilih disabilitas, petugas Pemilu juga harus utamakan hak-hak Lansia dan Ibu hamil.

Pasang Iklan

“Ini upaya kita untuk mengapresiasi kaum disabilitas, ibu hamil, dan Lansia yang bersusah payah datang ke TPS,” ujar Tagor Dumora, Ketua saat simulasi pemungutan dan penghitungan suara (Putungsura), Rabu (24/1).

Pada simulasi yang berlangsung di Alaman Bolak itu, Tagor juga menerangkan, simulasi ini merupakan kali kedua menjelang Pemilu yang sudah di depan mata.

“Kiranya, penyelenggara Pemilu juga mencermati dan memahami proses pemilihan dengan baik di TPS. Pemahaman yang sama, harapannya juga akan sampai pada ,” imbuh Tagor.

Pasang Iklan

Sementara, Koordinator Divisi Teknis KPU Padangsidimpuan, Fadlyka HS Harahap, menambahkan, dalam simulasi ini, pihaknya juga membuat rekayasa apabila terjadi pemilih dengan DPK yang mendaftar satu jam sebelum penutupan TPS.

Hal ini, berguna mengantisipasi dan memitigasi kemungkinan keributan antara panitia dan pemilih. Simulasi ini, menyertakan 48 DPT. Dengan menyertakan lima surat suara.

“Masing-masing, (Abu-abu), (Merah), RI (Kuning), Provinsi (Biru), dan DPRD Kabupaten/Kota (Hijau),” terangnya.

Sedang Padangsidimpuan, AKBP Dudung Setyawan, mengajak agar seluruh panitia Pemilu menjaga integritas, netralitas, dan kejujuran. Tentunya, tanpa tendensi dan embel-embel apapun.

“Saya yakin pelaksanaan pesta rakyat ini dapat berjalan dengan aman dan lancar di Kota Padangsidimpuan,” ucapnya yakin.

Roni Gunawan Rambe, Plt Sekda Kota Padangsidimpuan, berharap supaya Pemilu nanti berjalan dengan lancar, aman, dan damai. Karena katanya, akan banyak kepentingan di dalamnya seperti merebut dan mempertahankan kekuasaan.

“Saya ingin Bapak dan Ibu menjadi garda terdepan dalam pelaksanaan Pemilu ini. Nantinya memakai pikiran dan hati, jangan memakai otak dan nafsu,” ungkapnya yang mewakili Pj Wali Kota, Letnan Dalimunthe.

M Rizky Hidayatullah

xAyu Octa Lip care Serum