Rabu, 23 Okt 2024
xPasang iklan readnews
Iklan di ReadNews Pasti Untung

Sejumplah Santri Ponpes di Kecamatan Dawe, Diduga Jadi Korban Kekerasan Fisik oleh Pengurus Pondok

waktu baca 2 menit
Sabtu, 8 Jun 2024 16:52 0 261 M Rizky Hidayatullah

READNEWS.ID, – Kasus dugaan kekerasan fisik terhadap sejumlah santri di Pondok Pesantren () di Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus, telah mencuat sebagai perhatian serius di tengah . Berdasarkan laporan yang beredar, beberapa santri disebut menjadi korban perlakuan kekerasan yang tidak manusiawi oleh pengurus pondok yang seharusnya bertanggung jawab atas keamanan dan kesejahteraan mereka.

Pasang Iklan

Menurut beberapa informasi dan keterangan santri, berawal dari sejumplah santri yang ketahuan merokok hingga akhirnya di bawa oleh pengurus untuk diberikan hukuman dengan cara mencelupkan tangan santri kedalam air yang mendidih.

Akibat dari hukuman pengurus Pondok Pesantren (Ponpes) Tersebut beberapa santri mengalami luka serius, melepuh di kedua tanganya. Salah satu santri bahkan sempat di larikan ke untuk menjalani operasi akibat luka yang sangat serius.

Haniah, selaku Ketua Jaringan Perlindungan dan (JPPA) Kabupaten Kudus menjelaskan bahwa kejadian tersebut terjadi pada Senin (27/5/2024) lalu, dan pihaknya baru mendapat laporan pada Kamis (6/6/2024).

Pasang Iklan

“Jadi ada beberapa santri, intinya melakukan pelanggaran pondok yaitu merokok, sehingga mungkin peringatan pertama tidak diindahkan lalu ada peringatan kedua. Hukuman itu dengan dicelupkan ke air yang mungkin kan karena sampai melepuh,” jelasnya.

Haniah juga menjelaskan bahwa pihaknya telah menjenguk salah satu santri berinisial AA, Kabupaten Pati yang menuntut ilmu atau mondok di Ponpes terkait. Santri asal pati yang di rawat di rumah sakit mengalami luka yang sangat serius diantara santri yang lain.

“Jadi sampai kulitnya mengelupas, dikasih hasil foto habis operasi ngeri, karena mengelupas. Pas saya ke sana juga masih basah, ini kan akhirnya jadi luka permanen. Kalau perawatan tidak higenis kan berbahaya,” terangnya.

Sementara itu, Kapolres Kudus Dydit Dwi Susanto melalui Wakapolres Kompol Satya Adi Nugraha membenarkan adanya kejadian tersebut. Namun sampai saat ini belum ada pelaporan terkait kasus tersebut.

“Benar, Korban sekitar 12 orang, Coba biar saya pastikan dulu langkah-langkah dari polres, agar wawancaranya lebih lengkap nantinya.” Tutupnya.

M Rizky Hidayatullah

xAyu Octa Lip care Serum