Rabu, 23 Okt 2024
xPasang iklan readnews
Iklan di ReadNews Pasti Untung

Bupati Desak Kediaman Pendiri HMI di Tapsel Direvitalisasi

waktu baca 2 menit
Minggu, 2 Jun 2024 23:37 0 71 M Rizky Hidayatullah

READNEWS.ID, TAPANULI SELATAN Tapanuli Selatan (Tapsel), Dolly Pasaribu, mendesak supaya kediaman dari pendiri Himpunan Islam (), di Desa Pangurabaan, , direvitalisasi.

Pasang Iklan

Desakan Bupati agar kediaman pendiri organisasi kemahasiswaan di Tapsel itu direvitalisasi ia sampaikan di sela pelantikan Pengurus HMI dan Korps HMI-Wati Cabang Padangsidimpuan periode 2024-2025 di Gedung Nasional, Jumat (31/05/2024).

Kata Bupati, saat ini rumah tersebut sudah berbeda bentuknya dari yang terdahulu usai Almarhum Prof Lafran Pane, meninggalkannya. Menurut Bupati, HMI memiliki warisan yang monumental yakni kediaman Prof Lafran Pane yang perlu pemugaran.

“Perlu pemugaran seperti aslinya. Lalu, di dalam harus termuat barang, buku-buku, dan karya monumental Prof Lafran Pane yang sangat banyak pengagumnya sebagai wujud pelestarian perjuangan,” ujarnya.

Pasang Iklan

Menurutnya, kelahiran sang pelopor HMI yang merupakan Nasional berasal dari daerah Tapsel ini, menjadikan Kabupaten itu eksis di kalangan dunia secara Nasional bahkan .

“Namun, saya titip pesan dan mohon kepada agar sampaikan pesan ini kepada para petinggi HMI. Supaya, Rumah peninggalan Prof Lafran Pane ini jadi monumen sebagai legacy sang Tokoh besar HMI di Tapsel,” sebut Dolly.

Bagi Dolly, hal ini penting bagi sejarah peradaban HMI. Karena menurutnya, Prof Lafran Pane turut serta dalam mempertahankan kemerdekaan negara ini. Bahkan pemikirannya, melintasi zaman yang banyak melahirkan calon-calon pemimpin masa depan bangsa.

“Mungkin dari pendirian monumen itu, akan terpampang jelas karya-karya tulis beliau. Karya-karya pemikiran beliau yang menjadi pedoman bagi teman-teman hari ini. Yang akan menjadi seorang pemimpin di masa kini dan masa depan,” timpalnya.

Sahuti Harapan Bupati

Sementara, Sekjen PB HMI periode 2024-2026, Muhammad Jusrianto, menyahuti langsung harapan Bupati yang ia sebut sebagai dukungan luar biasa seorang Kepala Daerah kepada peradaban HMI. Menurutnya, apa yang jadi kekhawatiran Bupati adalah hal yang wajar.

“Dan juga itu beban bagi keluarga besar HMI tentang bagaimana mewujudkannya. Mudah-mudahan di periode kami PB HMI bisa merealisasikan terkait apa yang jadi harapan Bupati Tapsel,” tandasnya.

Sebagai informadi, adapun Ketua Umum terpilih pada pelantikan HMI Cabang Padangsidimpuan periode 2024-2025 yakni, Ahmat Rasyif Rambe. Dan, Fadly Agus Latif Harahap, sebagai Sekretaris Umum.

Sedangkan untuk Kepengurusan Korps HMI-Wati yakni, Ade Juwita Harahap, sebagai Ketua Umum. Dan, Rabiyatul Adawiyah Matondang, sebagai Sekretaris Umum.

M Rizky Hidayatullah

xAyu Octa Lip care Serum