Kamis, 24 Okt 2024
xPasang iklan readnews
Iklan di ReadNews Pasti Untung

Pohon Beringin Tumbang di Tapsel, Arus Lalin Sempat Lumpuh

waktu baca 2 menit
Senin, 18 Des 2023 20:25 0 156 M Rizky Hidayatullah

READNEWS.ID, – Sebuah Pohon Beringin berukuran besar di Desa Sigumuru, Kecamatan Angkola Barat, (Tapsel), mendadak tumbang, Minggu (17/12) malam.

Pasang Iklan

Akibatnya, Pohon Beringin yang tumbang ini menutupi badan Jalan Jalinsum Km 14 di Desa Sigumuru, Kabupaten Tapsel. Tak ayal, arus (Lalin) di kawasan tersebut menjadi lumpuh total.

“Mendapat informasi adanya insiden ini, kami langsung terjun ke TKP,” ujar Kasat Lantas , AKP Sofyan Helmi Nasution, SH, ke awak media.

Pihaknya datang, guna mengatur arus Lalin dengan upaya mengalihkan jalur kenderaan. Petugas mengalihkan kendaraan roda dua dan empat dari Toru melalui jalur alternatif Batang Toru ke Marancar, dan Sipirok.

Pasang Iklan

“Atau Batang Toru ke Marancar, ke Pargarutan, dan Kota Sidimpuan. Begitu juga sebaliknya,” jelas Kasat.

Namun, menurut Kasat, saat itu untuk kendaraan roda enam ke atas belum dapat melintas. Karena menunggu proses evakuasi yang prosesnya memakan waktu kurang lebih dua jam.

Meski tidak ada korban jiwa atas insiden ini, namun Kasat bersama dengan BPBD Tapsel dan Camat Angkola Barat segera berkoordinasi. Tujuannya, untuk mengambil langkah penanganan yang efektif.

“Kami telah berupaya menghubungi Dinas Tapsel guna segera menghadirkan alat berat,” terang Kasat.

Sementara, Tim gabungan penanganan bencana saat itu di Lapangan berupaya membersihkan badan Jalan yang terdampak . Saat itu, Kasat menghimbau warga untuk tetap waspada dan bersabar.

“Semua pihak terlibat dalam usaha bersama untuk mengembalikan normalitas lalu lintas secepat mungkin,” tambahnya.

Alat Berat Turun

Esok paginya, personel Polsek Batang Toru bersama TNI, BPBD, dan Tapsel, datang ke TKP. Tim gabungan, melakukan upaya pembersihan dan evakuasi Pohon Beringin tumbang itu.

“Pemotongan berlangsung dengan mengunakan alat pemotong kayu sebanyak satu unit,” ujar Kapolsek Batang Toru, AKP Tona Simanjuntak, SH, ke awak media.

Selain itu, , lanjut Kapolsek, juga melakukan himbauan ke pengendara roda dua dan empat, agar berbalik arah. Mengingat, akses Jalinsum di Desa Sigumuru belum bisa dilewati.

Menurut Kapolsek, satu unit alat berat milik Pemkab Tapsel tiba di lokasi. Hingga saat ini, proses pembersihan dan evakuasi Pohon Beringin tumbang di badan Jalan itu, masih dalam proses pengerjaan.

“Kami menghimbau kepada segenap pengguna Jalan agar tetap waspada dan ekstra hati-hati. Mengingat, cuaca akhir-akhir ini yang kerap terjadi hujan,” pesan Kapolsek.

M Rizky Hidayatullah

xAyu Octa Lip care Serum