Rabu, 23 Okt 2024
xPasang iklan readnews
Iklan di ReadNews Pasti Untung

Terbaru, Kawasan Alaman Bolak Padangsidimpuan Ada Wifi Gratis

waktu baca 2 menit
Rabu, 1 Mei 2024 19:07 0 108 M Rizky Hidayatullah

READNEWS.ID, – Saat ini, setiap masyarakat yang ada di sekitar kawasan Alun-alun Alaman Bolak, Kota Padangsidimpuan, dapat mengakses internet melalui jaringan .

Pasang Iklan

Pembukaan akses Wifi gratis kepada masyarakat umum ini berlangsung saat launching oleh Kota Padangsidimpuan di Alun-alun Alaman Bolak, Senin (29/04/2024) malam.

Pelaksanaan launching sendiri, berlangsung di sela nonton bareng (Nobar) pertandingan semi final AFC Cup U24 Indonesia vs Uzbekistan di Alun-alun Alaman Bolak, Kota Padangsidimpuan.

Kepala Dinas Kominfo Kota Padangsidimpuan, Nurcahyo B Susetyo, ST, mengatakan launching WiFi gratis bagi pengguna atau penikmat Car Free Day di Alaman Bolak setuap Minggu pagi ini bisa meng-cover hingga 200 user.

Pasang Iklan

Menurutnya, penyiapan akses jaringan internet gratis di 2 titik terfokus di dalam Alaman Bolak ini sebagai bagian dari implementasi Gerakan Smart City. Tujuannya, untuk meningkatkan pelayanan IT bagi masyarakat.

Layanan akses jaringan internet gratis, kata Nurcahyo, merupakan persembahan Dinas Kominfo Kota Padangsidimpuan. Ini juga sebagai wujud komitmen pembangunan bidang teknologi informasi dan komunikasi di Padangsidimpuan.

Akses Wifi gratis ini, lanjut Nurcahyo, juga telah mengantongi izin dari Kominfo RI. ini, merupakan kerjasama dengan Internet Service Provider (ISP).

Ia menjelaskan, masyarakat hanya tinggal mengoneksikan jaringan pada perangakatnya misalnya, ponsel atau laptop secara langsung dengan kode akses atau Wifi yaitu “pengunjung”.

“Program Wifi Gratis ini untuk mendukung aktivitas warga. Di mana, sejumlah area publik yang ada di Padangsidimpuan, menjadi tujuan selanjutnya sebagai bagian dari target perluasan kawasan layanan,” sebut Nurcahyo.

Kata Nurcahyo, masyarakat pastinya akan mendapat banyak manfaat dari gerakan internet gratis. Di antaranya, mendukung pembangunan berkelanjutan atau suistainable development goals, inklusif, hingga kolaboratif.

Tujuannya, semata-mata hanya untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Serta, mengurangi dampak negatif urbanisasi dan mendorong ekonomi yang ramah lingkungan.

“Konsep dan gerakan kota cerdas juga mampu mengembangkan potensi lokal masing-masing . Tentunya, melalui pendekatan berbasis inovasi dan digitalisasi,” pungkasnya.

Maksimal

Sebelumnya, Pj Wali Kota Padangsidimpuan Dr H Letnan Dalimunthe, SKM, MKes, mengatakan, masyarakat saat ini membutuhkan pelayanan publik yang maksimal. Salah satunya, di bidang informasi.

“Oleh karenanya, pemerintah hadir untuk memberikan akses mudah yang handal dan terpercaya,” ucap Letnan.

“Kami berharap, dengan adanya layanan internet gratis ini dapat memberi manfaat yang seluas-luasnya kepada masyarakat Kota Padangsidimpuan,” imbuhnya menutup.

Selanjutnya, Pj Wali Kota melakukan sentuhan layar pertama (first touch screen) yang menandakan launching internet gratis tersebut.

M Rizky Hidayatullah

xAyu Octa Lip care Serum