Selasa, 23 Apr 2024
xPasang iklan readnews
Iklan di ReadNews Pasti Untung

AHY Batal Jadi Cawapres Anies Baswedan, Ini Kronologinya

waktu baca 3 menit
Jumat, 1 Sep 2023 09:22 0 269 Andreas Hariarto K

READNEWS.ID, membeberkan kronologi gagalnya ketua umum mereka, Agus Harimurti Yudhoyono () menjadi calon wakil () pendamping pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Anies disebut akan berpasangan dengan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa, .

Pasang Iklan

Sekretaris Jenderal Partai Demokrat, Teuku Riefky Harsya, menyatakan bahwa pihaknya mendapatkan informasi bahwa Anies telah menerima Muhaimin sebagai pendampingnya pada Rabu kemarin. Dia menyatakan hal itu pun telah mereka konfirmasi kepada Anies secara langsung pada hari ini.

“Ia (Anies) mengonfirmasi bahwa berita tersebut adalah benar. Demokrat “dipaksa” menerima keputusan itu (fait accompli),” kata Riefky dalam keterangan tertulisnya, Kamis, (31/8).

Surat Pernyataan Sekretaris Jenderal Partai Demokrat, Teuku Riefky Harsya (Foto: IG @PDemokrat)

Dia menyatakan bahwa keputusan menduetkan Anies dengan Muhaimin dibuat oleh Ketua Umum , Surya Paloh.

Pasang Iklan

“Persetujuan ini (Duet Anies- Muhaimin) dilakukan secara sepihak atas inisiatif Ketum Nasdem, Surya Paloh,” kata Riefky dalam keterangan tertulisnya, Kamis, (31/8).

Riefky menceritakan kronologi penetapan cawapres dari Koalisi Perubahan untuk . Dia menyatakan bahwa Anies sebenarnya telah memilih AHY sebagai calon wakil presiden yang akan mendampinginya. 

xPasang iklan readnews