Kamis, 13 Jun 2024
xPasang iklan readnews
Iklan di ReadNews Pasti Untung

Botok Keong Di Dekat Bangunan Tua Belanda

waktu baca 2 menit
Senin, 21 Agu 2023 09:54 0 379 Ragil Surono

READNEWS.ID – Keong sawah atau ada yang menyebutnya sebagai tutut, sebagain orang menganggapnya sebagai hama sawah , namun jangan salah jika keong yang dianggap hama ini malah jadi bahan makanan yang lezat dan langka yaitu Botok keong.

Pasang Iklan

Di depan bangunan tua yang digunakan sebagai pabrik produksi pasir Comal Baru, ada warung Botok keong milik Kanti ( 55 ) Desa Pecangakan, Kecamatan Comal ini mengatakan jika dirinya sudah berjualan langka ini sejak 5 tahun yang lalu.

“Keong mentah saya beli dari pedagang di Comal yang didatangkan dari kota Demak, dan keongnya bukan keong kuning tapi keong organik, jadi aman tidak beracun jika di makan” kata Kanti.

Warung Botok keong yang berada di jalan raya Comal Baru – Cibeyuk ini, berada di jalur alternatif yang masih bernuansa kental pedesaan, ditambah lokasinya dekat komplek Bangunan Tua Belanda, menambah memori akan masa lalu, dan suasana adem karena masih banyaknya pepohonan sehingga warung tersebut di namakan Warung Botok Keong Semilir.

Pasang Iklan

Ketika ditanya dari bahan apa saja Botok keong diolah, Wanita paruh baya ini enggan menerangkan, “Yang jelas bumbu dari parutan kelapa muda dan diberi campuran rempah-rempah” katanya singkat.

Echa ( 30 ) Seorang pembeli dari Petarukan mengaku jika hampir setiap akhir pekan dirinya mampir di warung Botok milik Kanti, untuk membeli buat keluarganya di rumah, “Dimakan disini satu porsi nanti mbungkus buat keluarga dirunah” kata Echa.

Masih menurutnya, Botok keong buatan Kanti memang agak beda dibandingkan dengan penjual lainnya, ” Keongnya besar – besar dan harga seporsi Rp.10.000 sementara ditempat lain bisa sampai Rp.13.000 seporsi” terangnya.

Dianggap sebagai hama oleh sebagian orang, ternyata Keong sawah ini menjadi kudapan yang lezat, dan menjadi santapan yang aman bagi , Botok keong Di depan Bangunan Tua Belanda menarik ingatan kita kepada akan masa lalu. ( Ragil Surono ).

xAyu Octa Lip care Serum