Selasa, 23 Apr 2024
xPasang iklan readnews
Iklan di ReadNews Pasti Untung

BPBD Sulteng: 13 Rumah Rusak Akibat Gempa Bumi 5.3 SR Di Kabupaten Sigi

waktu baca 2 menit
Minggu, 6 Agu 2023 20:00 0 239 M Rizky Hidayatullah

READNEWS.ID, SIGI – Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Provinsi Sulawesi tengah () merilis laporan dampak yang ditimbilkan 5.3 Skala Richter (SR) yang terjadi di pada Minggu, (6/8) pukul 10.53 WITA kabupaten Sigi.

Pasang Iklan

Dalam laporan tersebut menyebutkan, terdapat 13 rumah di desa Lembantongoa kecamatan Palolo yang terdampak. 10 rumah mengalami retak dan 3 rumah tidak lagi dapat dihuni.

Tak berselang lama mengetahui adanya gempa bumi, Tim Reaksi Cepat (TRC) langsung mendata dan mengumpulkan informasi dengan bekerjasama dengan aparat pemerintahan setempat.

Menurut Andi Sembiring, S.STP.,M.Si Kabid Kedaruratan Dan Logistik BPBD Sulteng, malam ini akan ada rapat koordinasi dengan terkait skema penanganan di desa yang terdampak.

Pasang Iklan

“Malam ini kami berinisiatif untuk memanggil BPBD Sigi untuk berkoordinasi tentang apa yang akan kita lakukan dalam penanganan yang terdampak bencana didaerah tersebut.” ujarnya

Dia juga menambahkan bahwa masih ada sebagian warga yang tak berani masuk kedalam rumah. Warga tersebut berinisiatif mendirikan tenda disekitar halaman rumah. Khawatir ada gempa susulan yang lebih besar.

Sementara itu Kepala Pelaksana BPBD Sulteng Dr. Ir. H. Akris Fattah Yunus, MM berpesan, agar masyarakat tidak perlu cemas, TRC BPBD Sulteng akan terus memantau perkembangan dilokasi gempa untuk mengetahui perkembangan beberapa hari kedepan.

“Saya menghimbau agar masyarakat tetap tenang tapi tetap waspada. BPBD Sulteng bersama BPBD Sigi akan terus memantau perkembangan situasi di lokasi gempa,” pesannya. (mrh)

M Rizky Hidayatullah

xPasang iklan readnews