Kamis, 25 Jul 2024
xPasang iklan readnews
Iklan di ReadNews Pasti Untung

Group Angklung Pemalang Kurang Dilirik Penggemar

waktu baca 2 menit
Senin, 7 Agu 2023 00:56 0 387

READNEWS.ID, merupakan tradisional yang terbuat dari bambu ,dimana nilai pelestarianya jelas harus kita pertahankan karena seperangkat alat musik ini asli milik negeri kita .

Pasang Iklan

Akan tetapi adakala produk negeri sendiri justru kurang diminati oleh warga , mereka lebih memilih menikmati musik milenial kekenian dari negeri seberang.

Seperti yang dialami oleh salah satu group kesenian tradisional Angklung Sandya Wulong, sebuah komunitas pelestari musik Indonesia yang bermarkas di Dusun Rimpak, Desa Desa Belik, Kecamatan Belik, , Jawatengah ini, semenjak berdiri pada 17 Agustus 2020 mengalami pasang surut dalam mempertahankan eksistensinya.

Menurut Benga (35) Meneger group Angklung Sandya Wulong menuturkan kepada awak media pada Minggu (6/8), jika pagelaran musik angkutan sendiri tergantung pada pemasaran yang sering diposting di media , seperti Facebook, YouTube, Instagram dan Twitter, “Alhamdulillah Sandya Wulong pernah main di beberapa tempat seperti Kecamatan Comal, Kabupaten Pekalongan dan beberapa desa lainnya” ujar Benga.

Pasang Iklan

“Untuk melestarikan Angklung sendiri, dengan cara sedikit modern kedepannya bahkan sampai banyak orang yang ingin dan bahkan suka dengan angklung sendiri, sekarang juga banyak angklung dikolaborasikan dengan beberapa Genre musik lainnya, bahkan dengan alat musik lainnya” jelasnya.

Prospek angklung masih menurut Benga Meneger Sandya Wulong kedepanya baik, yang penting kita bisa dan mengeluarkan ide – ide kreatif.

Ketika ditanya tentang perhatian pemerintah dalam hal Perhatian kepada para pelestari kesenian daerah , Benga mengatatakan masih kurang perhatian dari pemerintah sendiri, “Kalau ditempat saya seringnya kuda lumping, jadi angklung kurang dilirik” keluhnya (Ragil Surono).

xAyu Octa Lip care Serum