Rabu, 19 Jun 2024
xPasang iklan readnews
Iklan di ReadNews Pasti Untung

Kemarau Tiba Rumput Segar Pakan Ternak Langka

waktu baca 2 menit
Kamis, 10 Agu 2023 17:12 0 321 Ragil Surono

READNEWS.ID – Musim yang sudah berlangsung dalam beberapa bulan terakhir ini, melanda sebagian besar di tanah air, tidak terkecuali , Jawat Tengah.

Pasang Iklan

Disamping menyusutnya air pada aliran dan sumber mata air serta sumur resapan , dampak musim kemarau juga berakibat pada tanaman dan rumput ilalang sebagai sumber pakan hewan ternak, yang mengalami pada tumbuh kembangnya.

Ramudin (60) Seorang pencari rumput buat pakan ternak, warga kelurahan Bojongbata, kecamatan Pemalang kota, Kabupaten Pemalang, ketika ditemui di sebuah ladang tanaman kangkung di kampung Mengoneng pada kamis pagi ( 10/08) mengaku jika dirinya sebagai pencari rumput mengalami kesulitan dalam memenuhi kebutuhan pakan kambing ternaknya karena kelangkaan rumput pakan ternak.

Ramudin mengatatakan untuk memenuhi pakan ternaknya, terpaksa sampai keluar kampung yang cukup lumayan jauhnya, “Untuk mendapatkan satu karung rumput hijau seperti ini terpaksa harus ke kampung – kampung yang jauh” kata Ramudin.

Pasang Iklan

Masih menurutnya, untuk hewan piaraan seperti kambing miliknya, kebutuhan akan makananya biasanya rumput yang banyak terdapat di areal persawahan dan ladang sayuran kangkung (Balongan).

“Kalau rumput menepis dan sulit saya ganti dengan kulit buah pisang dan sekarang kulit pisangnya juga sulit dicari” keluhnya.

Lebih lanjut dirinya mengatakan, bulan kemarin dirinya mempunyai beberapa puluh ekor kambing yang dipeliharanya, akan tetapi karena sesuatu kebutuhan yang penting terpaksa seluruh kambingnya dia jual.

“Buat resepsi pernikahan mas, kambing terpaksa dijual, sekarang untuk sementara saya mencari rumput untuk dijual, murah cuman 30 ribu satu karung harganya” tutup Ramudin (Ragil Suron ).

xAyu Octa Lip care Serum