Kamis, 13 Jun 2024
xPasang iklan readnews
Iklan di ReadNews Pasti Untung

KPK Hadirkan Eks Kabasarnas Sebagai Saksi Dikasus Korupsi Basarnas

waktu baca 2 menit
Senin, 6 Nov 2023 17:03 0 100 Mardi Yusra

READNEWS.ID, – Komisi Pemberantasan () menghadirkan sejumlah saksi dalam persidangan kasus dugaan Korupsi pengadaan barang dan jasa di Basarnas tahun anggaran 2021-2023.

Pasang Iklan

“Hari ini untuk agenda saksi-saksi dalam perkara Terdakwa Mulsunadi Gunawan dkk, Tim Jaksa KPK akan menghadirkan saksi-saksi,” kata Kepala Bagian Pemberitaan KPK kepada , Senin, (6/11).

Adapun saksi-saksi yang akan dihadirkan dalam persidangan tersebut yakni, Henri Alfiandi (Kabasarnas), Afri Budi Cahyanto (Korsmin) dan Ika Kusumawati (Sekretaris Kabasarnas). Ketiganya bersaksi untuk tiga terdakwa pemberi .

Adapun, tiga terdakwa pemberi suap dimaksud dari pihak swasta yakni, Roni Aidil (RA) selaku Direktur PT Kindah Abadi Utama, Mulsunadi Gunawan (MG) selaku Komisaris Utama PT Multi Grafika Cipta Sejati, dan Marilya (MR) selaku Direktur Utama PT Intertekno Grafika Sejati.

Pasang Iklan

Untuk diketahui, kasus tersebut bermula saat ketiga terdakwa penyuap tersebut melakukan lobi-lobi kepada Kabasarnas Henri Alfiandi (HA) serta Afri Budi Cahyanto (ABC) terkait pengadaan alat pendeteksi korban reruntuhan.

“Ini melakukan pendekatan secara personal dengan menemui langsung HA ini selaku Kabasarnas dan ABC ini selaku koorsmin Kepala basarnas merangkap asisten sekaligus orang kepercayaan dari HA,” kata Wakil Alexander Marwata, (31/7).

Lebih lanjut, Alex mengatakan, dalam pertamuan tersebut terjadilah kesepakatan terikait pemberian fee sebesar 10%.

“Dalam pertemuan tersebut di duga terjadi kesepakatan terkait pemberian sejumlah uang berupa fee sejumlah 10% dari nilai kontrak,” ujar Alex.

Lebih lanjut, Alex menjelaskan bahwa penetuan dari fee yang sudah di sepakati dari pertemuan tersebut di tentukan oleh HA.

“Penentuan besaran fee di tentukan langsung oleh HA, adapun hasil pertemuan dan kesepakatan yang di capai yaitu HA siap mengkondisikan dan menunjuk MG dan MR sebagai pemenang tender untuk proyek pengadaan peralatan pendeteksi korban reruntuhan tahun anggaran 2023,” jelasnya. (Ardi).

xAyu Octa Lip care Serum