Sabtu, 20 Jul 2024
xPasang iklan readnews
Iklan di ReadNews Pasti Untung

Masyarakat Jangan Resah Adanya Penyakit Cacar Monyet

waktu baca 2 menit
Selasa, 28 Nov 2023 18:26 0 301

READNEWS.ID, – Penyakit cacar monyet atau monkeypox (Mpox) sudah melanda di sejumlah di . Berdasarkan yang dihimpun dari RI per Minggu (26/11/2023) tercatat ada total 59 pasien cacar monyet di Indonesia.

Pasang Iklan

Akan tetapi walaupun wabah penyakit yang cukup meresahkan ini, sudah melanda pada sejumlah daerah, kasus wabah penyakit tersebut belum ditemukan dan diharapkan tidak melanda di , .

Dinas Kesehatan Kabupaten Pemalang melalui Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Aris Gunarto, menyatakan hal ini, ketika ditemui di ruang kerjanya, pada Senin (27/11/2023).

“Sampai saat ini di kabupaten Pemalang belum pernah ada ataupun laporan, semoga tidak ada kasus penyakit cacar monyet di Pemalang,” ungkap Aris Gunarto.

Pasang Iklan

Masih menurutnya, untuk gejala penyakit cacar monyet biasanya akan terjadi demam, sakit kepala hebat, nyeri otot, sakit punggung, lemas, pembengkakan kelenjar getah bening (di leher, ketiak atau selangkangan) dan ruam atau lesi kulit.

Aris menambahkan, penyakit cacar monyet atau monkeypox penularannya tidak melalui udara melainkan kontak fisik atau berhubungan secara langsung dengan penderita.

Ia menghimbau kepada Kabupaten Pemalang agar tidak resah dengan adanya penyakit cacar monyet yang saat ini melanda di luaran daerah.

Pihaknya juga sudah melakukan ke berbagai Puskesmas di Kabupaten Pemalang melalui zoom meeting.

“Manakala ada tanda-tanda gejala, segeralah melapor ke Puskesmas terdekat untuk di periksa,” jelasnya.

Dia juga mengajak masyarakat Kabupaten Pemalang untuk selalu hidup bersih dan sehat serta selalu cek kesehatan secara rutin ( Ragil Surono ).

xAyu Octa Lip care Serum