Kamis, 13 Jun 2024
xPasang iklan readnews
Iklan di ReadNews Pasti Untung

Rutan Pemalang Ciptakan Aplikasi Keamanan Kontrol Keliling

waktu baca 2 menit
Senin, 16 Okt 2023 13:25 0 158 Ragil Surono

READNEWS ID, – Kontrol keliling (troling) merupakan salah satu tugas penting Petugas Pemasyarakatan terutama Regu pada setiap Rumah Tahanan Negara (Rutan) dan Lembaga Pemasyarakatan ().

Pasang Iklan

Di Rutan kelas IIB Pemalang, , troling dilaksanakan secara rutin dan terjadwal di semua kantor, baik kamar hunian binaan, blok, branggang, maupun area perkantoran menggunakan Aplikasi Sipat Jaring.

Sipat Jaring (Sistem Pelaporan Cepat Jam Kontrol Keliling), adalah aplikasi berbasis android yang digunakan untuk memudahkan petugas dalam melaporkan jam kontrol keliling secara cepat dan real time kepada pimpinan dimana penggunaannya dengan cara scan barcode yang telah dipasang di sejumlah titik di area .

Aplikasi berbasis android ini digagas oleh S Adhi dan Tim, petugas Rutan Pemalang sejak tahun 2019 lalu

Pasang Iklan

Dalam pelaksanaannya, setiap satu jam sekali, anggota regu pengamanan berkeliling memeriksa kondisi , gembok sel, dan sarana prasarana lainnya menggunakan aplikasi ini.

Sehingga penyimpanan -penyimpangan yang mungkin bisa terjadi di Rutan Pemalang dengan kondisi kekurangan jumlah petugas dapat diminimalisir.

Selain itu, melalui aplikasi ini, peran petugas pengamanan menjadi lebih optimal dalam upaya deteksi dini sebagai antisipasi munculnya gangguan keamanan dan ketertiban di Rutan Pemalang.

Kepala Rutan Pemalang Sumaryo ketika ditemui awak media pada, Senin ( 16/10 ) mengatakan jika sistem pengamanan sipat jaring aplikasi kontrol keliling merupakan sistem pengamanan baru dan Rutan Pemalang adalah penggagas Sipat jaring,

“Saya turut bangga karena aplikasi ini sudah digunakan di beberapa UPT Pemasyarakatan di Jawa Tengah” kata Sumaryo.

“Ke depan semoga bisa mengoptimalkan pelaksanaan tugas dan fungsi, terutama di bidang keamanan,” tutupnya ( Ragil Surono )

xAyu Octa Lip care Serum