Sabtu, 20 Jul 2024
xPasang iklan readnews
Iklan di ReadNews Pasti Untung

Diperiksa Dewas KPK, Alex Dicecar Pertanyaan Terkait Pemerasan Pimpinan KPK

waktu baca 2 menit
Senin, 30 Okt 2023 19:47 0 61 Mardi Yusra

READNEWS.ID, METROPOLITAN – Wakil Ketua Alexander Marwata selesai menjalani oleh Dewan Pengawas (Dewas) KPK di Gedung ACLC KPK, , Senin, (30/10).

Pasang Iklan

Alex mengaku dicecar beberapa pertanya terkait dugaan dan foto pertemuan Ketua KPK dengan mantan Mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

“Ya pada umumnya kan terkait dengan dugaan pemerasan dan juga klarifikasi terkait dengan foto. Itu saja yang ditanyakan,” kata Alex kepada usai menjalani pemeriksaan oleh , Senin (30/10).

Alex mengatakan bahwa dirinya tidak mengetahui perihal dugaan pemerasan yang dilakukan Ketua KPK Firli Bahuri terhadap mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpon saat mengusut kasus dugaan tindak Korupsi di Kementerian Pertanian.

Pasang Iklan

“Saya kan tak tahu peristiwanya seperti apa kalau pemerasan,” ucapnya.

Terkait dengan pertemuan Ketua KPK Firli Bahuri, Alex menjelaskan bahwa KPK menerima laporan dari hingga ribuan tiap tahunnya. Sehingga menurutnya, tidak mungkin untuk mengecek satu per satu nama pihak yang ingin ditemui oleh para pimpinan KPK.

“Saya kalo ketemu siapa-siapa kan engga harus menyampaikan ke pimpinan ketika pertemuan tersebut tidak membicarakan perkara,” ucapnya.

“Dan pimpinan juga engga sempat ngecek juga. misalnya, saya janjian dengan teman, orang ini dilaporkan masyarakat ke KPK atau tidak?,” ungkapnya

Dirinya pun mengaku pernah bertemu mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. Meski demikian, Alex mengaku tidak mengetahui bahwa eks Syahrul telah dilaporkan oleh masyarakat ke KPK terkait kasus Korupsi.

“Bahkan saya masih ingat, tahun 2021 atau 2022, Desember, dalam rangka Hakordia (Hari anti Korupsi Sedunia), saya loh yang datang ke Kementan itu, duduk berdampingan dengan Menteri Pertanian. Apakah waktu itu saya tahu bahwa yang bersangkutan dilaporkan masyarakat?,” jelasnya. (Ardi)

xAyu Octa Lip care Serum