Minggu, 14 Apr 2024
xPasang iklan readnews
Iklan di ReadNews Pasti Untung

Dumas KPK Penuhi Panggilan Penyidik Polda Metro Jaya

waktu baca 2 menit
Senin, 16 Okt 2023 18:18 0 73 Mardi Yusra

READNEWS.ID, METROPOLITAN – Direktur Pelayanan Pelaporan dan Pengaduan Masyarakat (Dumas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Tomi Murtomo penuhi panggilan Polda Metro Jaya.

Pasang Iklan

Tomi di periksa sebagai saksi terkait kasus dugaan kepada mantan (SYL) saat mengusut kasus dugaan Korupsi di Pertanian.

Ketika di konfirmasi, Direktur Reserse Khusus Komisaris Besar (Kombes) Ade Safri Simanjuntak mengatakan, Tomi sudah hadir di Mapolda Metro Jaya.

“Sudah hadir,” kata Ade, senin (16/10).

Pasang Iklan

Ade mengatakan, seharusnya Tomi di periksa pada hari kamia (12/10) kemarin. Namun yang bersangkutan berhalangan hadir karena sudah ada jadwal lain.

“Beliau sempat mengkonfirmasi (tidak hadir). Karena ada kegiatan yang sudah terjadwal sebelumnya. Sehingga, memohon untuk dilakukan penundaan jadwal ,” ujarnya.

Ade menjelaskan, tidak hanya Tomi yang di panggil guna menjalaji pemeriksaan. Tetapi, seluruh pihak-pihak terkait akan dimintai keterangaan nya guna mendalami proses .

“Yang jelas seluruh saksi-saksi yang dipanggil oleh penyidik Subdittipikor Ditreskromsus Polda Metro Jaya adalah untuk menggali, mencari, dan mengumpulkan bukti-bukti yang dengan bukti itu di harapkan bisa menjadi terqng tindak dan menemukan tersangka nya,” jelasnya.

Di sisi lain, Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto mengatakan, akan memanggil Ketua KPK Firli Bahuri untjk di mintai keterangan jika di perlukan guna mendapatkan bukti atas kasus tersebut.

“Ya kalau memang sudah layak untjk di periksa, di mintai keterangan sebagai saksi, ya kita minta keterangan, nanti kita liat,” Kata Karyoto kepada wartawan, jumat (13/10) lalu.

Untuk di ketahui, beredar isu pemerasan yang di lakukan pimpinan KPK kepada mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo saat mengusut kasus dugaan Korupsi di Kementerian Pertanian.

Lalu beredar foto yang memperlihatkan Ketua KPK Firli Bahuri sedang duduk bersama eks Syahrul. Atas beredarnya foto tersebut ketua KPK di laporkan ke Polda Metro Jaya.

Direktur Reserse Kriminal Khusus Komisaris Besar (Kombes) Ade Safri Simanjuntak mengatakan, tim penyidik Polda Metro Jaya telah menaikan status penyelidikan ketahap penyidikan usai melakukan gelar perkara dalam kasus tersebut.

“Dari hasil pelaksanaan gelar perkara di maksud, selanjutnya direkomendasikan untuk dinaikan status penyelidikan ketahap penyidikan terhadap dugaan tindak pidana Korupsi berupa pemerasan,” kata Ade di Mapolda Metro Jaya, sabtu (7/10) lalu

xPasang iklan readnews