Minggu, 14 Apr 2024
xPasang iklan readnews
Iklan di ReadNews Pasti Untung

Firli Bahuri Mangkir Dari Panggilan Dewas KPK

waktu baca 2 menit
Sabtu, 28 Okt 2023 04:12 0 127 Mardi Yusra

READNEWS.ID, – Ketua Komisi Pemberantasan () Firli Bahuri mangkir dari panggilan Dewas Pengawas KPK terkait dugaan pelanggaran , Jumat (27/10).

Pasang Iklan

Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri mengatakan, alasan Firli tak dapat penuhi panggilan karena ada agedan di kantor lembaga antirasuah.

“Yang kami ketahui ada beberapa agenda lain yang sedang dilakukan di kantor saat ini,” kata Ali kepada wartawan, Jumat (27/10).

Ali mengungkapkan, dari empat yang akan dimintai keterangan oleh Dewas KPK guna menjalani pemeriksaan dugaan pelanggaran kode etik terkait dugaan , hanya Nurul Ghufron yang menghadiri panggilan tersebut.

Pasang Iklan

“Pak Nurul Ghufron yang kami tahu dapat hadir hari ini,” ucapnya.

Adapun, Nawawi Pomolango dikabarkan sedang sakit. Sedangkan Alexander Marwata dan Johanis Tanak sedang ada agenda diluar kota.

Ali menegaskan, meskipun Pimpinan KPK sedang disorot terkait pelanggaran kode etik, lembaga antirasuah tetap bekerja seperti biasa yakni, memberantas Korupsi.

“Kami ingin menegaskan bahwa KPK tetap bekerja seperti biasa, menyelesaikan agenda-agenda pemberantasan Korupsi,” tegasnya.

Untuk diketahui, Firli Bahuri dilaporkan ke Dewas KPK terkait dugaan pelanggaran kode etik oleh Komite Mahasiswa Peduli Hukum.

“Kami dari Komite Mahasiswa Peduli Hukum hadir di Gedung KPK membuat laporan pengaduan masyarakat yang kami tujukan kepada Dewan Pengawas KPK. Kami ingin melaporkan Bapak Firli Bahuri atas dugaan pelanggaran etik,” kata Koordinator Komite Mahasiswa Peduli Hukum Febrianes, Jumat (6/10) lalu.

Adapun Pelanggaran kode etik yang dimaksud yakni, dugaan pemerasan yang dilakukan pimpinan KPK kepada mantan Menteri Pertanian saat mengusut kasus dugaan Korupsi di Pertanian.

Nama Firli Bahuri disorot sebagai sosok pimpinan KPK yang melakukan dugaan pemerasan tersebut setelah foto dirinya sedang duduk bersama Syahrul beredar di media massa.

Firli juga dilaporkan ke Polda Metro Jaya atas kasus dugaan pemerasan. Kini, pihak kepolisian sedang mengusut kasus tersebut dengan menaikan statusnya ketahap penyidikan. (Ardi)

xPasang iklan readnews