Selasa, 18 Jun 2024
xPasang iklan readnews
Iklan di ReadNews Pasti Untung

Fraksi Gerindra Kecewa Ketua TAPD Tapsel Tak Hadiri Rapat R-APBD 2024

waktu baca 2 menit
Kamis, 23 Nov 2023 02:24 0 318 Muhammad Reza Fahlevi

READNEWS.ID, TAPANULI SELATAN – Fraksi (Tapsel), mengaku kecewa dan menyayangkan karena Ketua TAPD Tapsel, Sofyan Adil Siregar, tak hadiri rapat pembahasan penjadwalan R-APBD TA .

Pasang Iklan

Fraksi Gerindra kecewa, karena ketidakhadiran dalam rapat R-APBD TA 2024 ini merupakan bentuk Ketua TAPD Tapsel tidak mengindahkan surat Nomor : 900.1.1/6403 2023 tertanggal 12 Oktober 2023 kepada .

“Sesuai undangan rapat Banmus DPRD, Senin (20/11), nampak Ketua TAPD yang menjabat Sekda Tapsel ini tidak hadir dalam pembahasan,” tegas Anggota Banmus DPRD Tapsel, Armen Sanusi Harahap, Rabu (22/11).

Menurut Armen, yang juga Sekretaris Fraksi Gerindra Tapsel, alasan ketidakhadiran Ketua TAPD ini tak begitu urgen atau penting. Mestinya, kata Armen, Ketua TAPD hadir, mengingat pentingnya pembahasan penjadwalan R-APBD TA 2024 ini.

Pasang Iklan

“Karena, waktunya ini sudah mepet. Ini sudah memasuki penghujung tahun 2023,” imbuh Armen.

Armen menegaskan, berangkat dari hal ini, pihaknya menilai adanya ketidakseriusan dalam mengelola anggaran pembangunan yang akan menjadi pembahasan.

“Ini untuk anggaran satu tahun ke depan loh. Kami khawatir, kalau mereka menganggap ini tidak serius, maka yang jadi korban t
Tapsel. Maka, saya sangat menyesali sikap ,” kesalnya.

Sebagai informasi, dalam rapat Banmus DPRD Tapsel itu, para anggota dewan sepakat agar men-skors hingga Selasa (21/11). Yang mana, deadline-nya pihak eksekutif dapat menghadirkan ketua TAPD Tapsel dalam rapat tersebut.

“Namun, kami sangat sayangkan, esoknya Ketua TAPD Tapsel juga tak kunjung hadir,” ujar Anggota Banmus DPRD lainnya, Eddi Arryanto Hasibuan, SH, dengan nada kecewa.

Eddi yang juga dari Fraksi Gerindra DPRD Tapsel ini mengutarakan, padahal salah satu syarat untuk mendapat dana insentif fiskal (DIF) atau opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari pemerintah atasan adalah ketaatan daerah.

“Terutama, dalam melaksanakan administrasi daerah,” ucapnya.

Pembahasan R-APBD Harus Selesai Akhir November

Misalnya, lanjut Eddi, penjadwalan pembahasan R-APBD harus sudah selesai pada akhir November. Oleh karena itu, pihaknya berharap keseriusan Pemkab Tapsel untuk menyelesaikan agenda antara eksekutif dengan legeslatif itu tepat waktu.

“Bila tidak, lagi-lagi yang rugi pada dasarnya adalah kita semua. Tapi yang paling merasakan dampaknya adalah rakyat kita, khususnya Tapsel,” terangnya.

Eddi menyarankan agar Pemkab Tapsel jangan hanya berlomba-lomba mengutamakan acara yang bersifat seremonial. Apalagi yang tidak ada manfaatnya sama sekali terhadap pembangunan di Kabupaten Tapsel.

Sebelumnya, , Abdul Basith Dalimunthe, SH, yang memimpin langsung rapat Banmus men-skors rapat tersebut hingga Rabu (22/11). Di mana, menjadwalkan dan memutuskan jadwal untuk tetap menghadirkan Ketua TAPD Tapsel.

Muhammad Reza Fahlevi

xAyu Octa Lip care Serum