Rabu, 19 Jun 2024
xPasang iklan readnews
Iklan di ReadNews Pasti Untung

Kapolres Tapsel Tegaskan Netralitas Polri pada Pemilu 2024

waktu baca 2 menit
Rabu, 18 Okt 2023 14:34 0 230 Muhammad Reza Fahlevi

READNEWS.ID, TAPANULI SELATAN (Tapsel), AKBP Imam Zamroni, SIK, MH, menegaskan soal netralitas pada pelaksanaan mendatang.

Pasang Iklan

Menurut Kapolres, netralitas Polri khususnya di jajaran Tapsel pada Pemilu nanti merupakan hal yang tak bisa ditawar dengan apapun

“Untuk itu, jaga segala sesuatu yang berpotensi menciderai netralitas Polri. Khususnya selama tahapan Pemilu,” tegas Kapolres saat memimpin Gelar Pasukan Ops Mantap Brata Toba 2023-2024, Selasa (17/10) pagi.

Sebelumnya, pada kegiatan yang berlangsung di Mako Polres Tapsel itu, Kapolres mengajak semua pihak gelorakan deklarasi Pemilu damai. Ajakan ini, juga harus ikut sertakan elemen yang terlibat dalam penyelenggaraan Pemilu.

Pasang Iklan

Selanjutnya, Kapolres meminta ke personel agar segera susun rencana dengan detil. Serta, laksanakan latihan pada setiap tahapan pengamanan. Apalagi, dalam menghadapi kontijensi.

Bila terjadi peristiwa saat pelaksanaan Pemilu, Kapolres minta jajarannya agar menegakkan secara profesional dan proporsional. Baik terhadap dugaan tindak pidana Pemilu yang diselenggarakan melalui Sentra Gakkumdu atau pun potensi pelanggaran hukum lainnya.

“Hal ini, guna menjaga stabilitas agar tetap kondusif,” imbuh Kapolres.

Perkuat Soliditas dan Sinergitas dengan TNI

Kapolres juga berpesan, agar jajarannya perkuat soliditas maupun sinergitas dengan TNI guna mewujudkan Pemilu yang aman, damai, dan lancar. Serta, ke depankan langkah pro aktif dengan mengoptimalkan deteksi dini untuk ketahui dinamika yang berkembang.

“Untuk selanjutnya, laksanakan upaya pengamanan sejak dini,” urainya.

Ia juga mendorong seluruh elemen penyelenggara dan pengawas Pemilu untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab sesuai peraturan yang berlaku. Kapolres memaparkan bahwa tujuan Apel ini, adalah sebagai kesiapan para personel, sarana, dan pra sarana.

Pemilu 2024 Miliki Potensi Kerawanan yang Khas

Tentunya, sebelum terjun melakukan pengamanan. Sebab, Pemilu 2024 memiliki kompleksitas kerawanan yang khas. Karena, pelaksanaan Pileg dan Pilpres akan berlangsung secara serentak dengan ambang batas parlemen 20 persen.

“Operasi ini, mengedepankan sisi preemtif dan preventif. Dengan dukungan kegiatan penegak hukum, Humas, dan Banops. Harapannya, akan terwujud situasi Kamtibmas kondusif di wilayah hukum Polres Tapanuli Selatan,” pungkasnya.

Muhammad Reza Fahlevi

xAyu Octa Lip care Serum