Selasa, 23 Apr 2024
xPasang iklan readnews
Iklan di ReadNews Pasti Untung

Komunikasi Publik DPU Pemalang Gandeng IP3A

waktu baca 2 menit
Rabu, 22 Nov 2023 17:34 0 444 Ragil Surono

READNEWS.ID, – Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPU-TR) menggelar dan forum publik mengenai infrastruktur pembangunan pada kerusakan jalan, dan drainase di kantor sekretariat Induk Perkumpulan Petani Pemakai Air (IP3A) D.I Sungapan, Kelurahan Bojongbata, Rabu 22 November 2023.

Pasang Iklan

Kabid Sumber Data Air (SDA) Kabupaten Pemalang, Mohammad Risal mengatakan, untuk tahun 2023 Kabupaten Pemalang telah mengalokasikan anggaran yang bersumber dari dan Alokasi Dana Khusus (DAK) tahun anggaran 2023.

“Telah terealisasi perbaikan jalan sepanjang 300 kilometer. Selain itu ada perbaikan bendungan yg rusak dan putus, drainase perkotaan yang rusak juga telah direhab untuk menangani limpasan air hujan,” ujar Mohamad Rizal.

Dengan anggaran tahun 2023 yang terbatas, ia berharap ada kenaikan anggaran tahun 2024 mendatang yaitu Rp 11 milyar untuk perbaikan bendungan Welut Putih Kecamatan Moga.

Pasang Iklan

“Perbaikan bendungan besar tersebut sebagai komitmen ketahanan pangan meskipun kita menggunakan anggaran yang terbatas,” katanya.

Sementara itu, ketua IP3A D.I Sungapan, Andi Rustono mengatakan, sebagaimana menjalankan amanat undang-undang IP3A berkewajiban mengkomunikasikan kepada pemerintah Kabupaten Pemalang khususnya persoalan kebutuhan air untuk petani.

“Forum ini untuk mengkomunikasikan pemerintah dengan masyarakat tentang progres pembangunan jalan,irigasi dan drainase yang harus diketahui oleh masyarakat,” kata Andi.

Pasalnya, menurut Andi, irigasi merupakan pokok yang sangat krusial untuk ketahanan pangan, sehingga sarana dan prasarana irigasi harus terus dilakukan perbaikan oleh pemerintah agar produktifitas pangan terus meningkat.

Selain Andi Rustono, hadir dalam forum tersebut Ketua Komisi B Kabupaten Pemalang Fahmi Hakim, Plt DPU-TR Kabupaten Pemalang Sarinto, Bidang Bina Marga, Bidang Sumber Daya Air, dan perwakilan dari seluruh desa dan kelurahan Kecamatan Pemalang, Kabupaten Pemalang ( Ragil Surono )

xPasang iklan readnews