Sabtu, 20 Jul 2024
xPasang iklan readnews
Iklan di ReadNews Pasti Untung

Kuta Menjadi Contoh Desa Anti Korupsi Di Kabupaten Pemalang

waktu baca 2 menit
Jumat, 4 Agu 2023 17:43 0 951

READNEWS.ID, PEMALANGSosialisasi Desa Anti Korupsi pada 14 Desa di wilayah Kabupaten, Pemalang Jawa Tengah, secara maraton disosialisasikan oleh Inspektorat Kabupaten Pemalang (4/8).

Pasang Iklan

Salah satunya adalah kegiatan sosialisasi yang diadakan di Desa Kuta Kecamatan Bantarbolang, Kabupaten Pemalang.

Kepala Inspektorat Kabupaten Pemalang Eko Edi Prihartanto mengatatakan, “Kegiatan tersebut merupakan upaya untuk memberantas korupsi, dimulai dari tingkat desa. Program ini mendapat dukungan dari yang mendorong Kabupaten Pemalang untuk melakukan sejak dini ,” katanya.

Kepala Inspektorat Kabupaten Pemalang hadir beserta staf perangkat inspektorat sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut.

Pasang Iklan

Selain pegawai inspektorat, hadir juga Camat Bantarbolang Waluyo, juga Kepala Desa Kuta, Cahyono beserta , tokoh agama, tokoh dan Pemuda, BPD, pengurus Bumdes, Ketua RT/ , serta mahasiswa yang sedang KKN di desa tersebut juga turut serta sebagai peserta pada acara sosialisasi tersebut.

Dalam paparannya, Eko Edi Prihartanto mengajak masyarakat desa, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan tokoh pemuda untuk menjadi tim anti korupsi dan ikut berpartisipasi dalam program tersebut. Dalam hal pelatihan, diklat terbuka untuk siapa saja yang berminat, tidak hanya atau mahasiswa. rumah tangga juga diperbolehkan jika memiliki keinginan dan komitmen untuk turut serta dalam pemberantasan korupsi melalui strategi edukasi dan .

Hasil dari kegiatan sosialisasi menunjukkan bahwa masyarakat mulai menyadari tentang peran penting mereka dalam pemberantasan korupsi. Beberapa peserta bahkan menyatakan keinginan untuk berpartisipasi dalam program pemberantasan korupsi, termasuk mengikuti pelatihan dengan KPK atau lembaga lainnya.

Desa Kuta menjadi contoh pertama di Kecamatan Bantarbolang, dalam melaksanakan kegiatan ini. Kepala Desa Kuta, Cahyono berharap program ini dapat meningkatkan kinerja pemerintah desa dan melibatkan masyarakat dalam menciptakan desa yang bebas dari korupsi. Program Desa Anti Korupsi ini diharapkan dapat menjangkau sebanyak 212 desa di wilayah kabupaten tersebut. (Ragil Surono).

xAyu Octa Lip care Serum