Selasa, 18 Jun 2024
xPasang iklan readnews
Iklan di ReadNews Pasti Untung

Nama Cawapres Ganjar Pranowo Mengerucut, Sekjen PDIP: Sudah Siap Diputuskan

waktu baca 3 menit
Minggu, 15 Okt 2023 16:55 0 221 Andreas Hariarto K

READNEWS.ID, JAKARTA – Nama calon wakil presiden (Bacawapres) yang akan mendampingi calon presiden (capres) Ganjar Pranowo saat Pilpres sudah makin mengerucut ke satu nama. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau sebagai pengusung politikus kader partainya itu pun mengungkapkan sosoknya.

Pasang Iklan

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, nama pendamping Ganjar Pranowo sudah siap diputuskan.

“Ya namanya sudah siap diputuskan. Keputusan menunggu momentum yang tepat, mohon bersabar. Kalau nama-nama nanti Bu Mega yang memutuskan, dari nama-nama yang beredar. Apakah nama-nama yang selama ini sudah sering djsebutkan atau akan muncul nama baru sebagai suatu upaya untuk membangun konsolidasi mengingat tantangan bangsa tidak mudah,” ucap Hasto, usai Rapat Koordinasi (Rakor) Pemenangan Pileg dan Pilpres DPR RI dan Kepala Daerah Serta Wakil Kepala Daerah Se-Jawa Timur di Vasa Hotel Surabaya, Sabtu (14/10/2023).

Hasto menegaskan, nama cawapres Ganjar yang akan diumumkan Megawati adalah nama-nama yang telah beredar selama ini.

Pasang Iklan

“Apakah nama-nama yang selama ini sudah sering disebutkan atau akan muncul nama baru sebagai suatu upaya untuk membangun konsolidasi politik mengingat tantangan bangsa tidak mudah,” ucap Hasto.

Hasto pun memastikan, cawapres yang dipasangkan dengan Ganjar nantinya memiliki kemampuan untuk menghadapi persoalan, mulai dari ketegangan geopolitik di luar negeri, krisis energi dan pangan, hingga ketegangan di Timur Tengah yang menyebabkan harga minyak tinggi.

“Terpenting bagi kita kami diajarkan PDI Perjuangan, politik itu setia kepada sumbernya yaitu rakyat. Selama memimpin menyatu dengan rakyat, maka akan ada kekuatan yang maha dahsyat dan itu ada di Pak Ganjar Pranowo. Wakilnya nanti akan diumumkan Bu Mega,” tutur Hasto.

Adapun ciri-ciri pendamping Ganjar, yang ia sebutkan yakni memiliki kepemimpinan, moralitas kepemimpinan, rekam jejak yang baik, pemimpin yang tidak berjarak dengan rakyat, serta berprestasi.

“Kami menunggu momentum yang tepat. Yang pasti Cawapres Pak Ganjar harus sesuai dengan pribadi Pak Ganjar, dilihat komitmennya serta dilihat kebutuhan problematik dasar bagi bangsa Indonesia,” kata Hasto.

Nama-nama Cawapres Ganjar, ucap Hasto, sudah dibahas sejak 18 Maret 2023. Saat itu, Megawati bertemu dengan (Jokowi) di Istana Merdeka, dengan didampingi Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

“Sudah dibahas. Saya bersama Mas Pramono Anung jadi saksinya pada 18 Maret. Ada dari Jawa Barat misalnya Pak Ridwan Kamil, ada Pak , ada Prof dari Jawa Timur, ada Mbak Khofifah, ada Pak Basuki Menteri , kemudian ada Pak Erick Thohir, Pak Andhika Perkasa, ada Pak Tuan Guru Bajang, ini kan nama-nama yang disuarakan oleh rakyat,” ucap Hasto.

“Karena Bu Mega sudah mendapat masukkan dari Presiden, dan menerima masukkan dari para Ketua Umum partai, sehingga dari situ sudah dikerucutkan. Tinggal nanti diumumkan,” tutup Hasto. (AHK)

xAyu Octa Lip care Serum