Selasa, 18 Jun 2024
xPasang iklan readnews
Iklan di ReadNews Pasti Untung

Permintaan Meningkat, Produksi Es Kristal Di Pemalang Malah Menurun

waktu baca 2 menit
Rabu, 18 Okt 2023 14:56 0 489 Ragil Surono

READNEWS,ID ,- Musim panjang yang tengah berlangsung, menyebabkan meningkat, hal ini berimbas pada permintaan es kristal semakin meningkat, akan tetapi sayangnya stok es kristal saat ini semakin susah dicari.

Pasang Iklan

Akibatnya, sejumlah agen es kristal harus rela jatahnya dikurangi, Salah satu agen es kristal di jalan Ir. Sutami Pemalang Arief menyebut memang saat ini terjadi kelangkaan Es Kristal

“Tetap ada stok, hanya saja pengiriman sekarang dibatasi, biasanya saya sehari dapat 60 sampai 80 sak, ini sehari cuma dapat 30 sak,” kata Arif, pada Rabu (18/10)

Padahal, dia menyebut cukup banyak permintaan dari pelanggan yang buka warung makan , angkringan, dan Es Teh. Dirinya mengatakan pembatasan stok tahun ini cukup parah jika dibandingkan tahun lalu.

Pasang Iklan

Dia sendiri juga berjualan Es Kristal dan Es Balok kerampul di depan rumahnya, Sehingga dia sendiri perlu mengambil lima sampai tujuh sak es kristal untuk berjualan.

Akibat terbatasnya pasokan es kristal itu dia tidak bisa jual banyak. Meski permintaan sangat tinggi, dia hanya bisa menjual sekitar 30 sampai 40 sak sehari.

“Padahal biasanya biasanya bisa 100 sak,” tuturnya.

Arif memperkirakan salah satu penyebab berkurangnya pasokan es kristal lantaran permintaan cukup banyak. Sedangkan pabrik tidak menambah produksi es kristal. Keadaan itu, menurutnya juga membuat jam pengiriman menjadi molor.

“Memang pasti dikirim, jamnya molor pasti. Saya biasanya pagi jam 7 itu sudah dikirim, ini tadi jam 08.00 dapat cuma dua puluh, kemarin lima belas. Biasanya pagi itu pasti saya dapat dua puluh lima sampai tiga puluh,” Jelasnya

Lalu pada siang hari dirinya juga tidak mendapatkan pengiriman es kristal. Padahal biasanya dalam sehari kiriman es kristal ke tempatnya bisa tiga sampai empat kali. Sedangkan hari-hari ini, dia hanya mendapatkan kiriman es kristal dua kali dalam sehari.

“Satu pagi, satunya malam jam setengah delapan. Kan durasinya panjang-panjang kosongnya. Itu pasti mereka bagi ke mana-mana,” kata dia.

Dirinya terpaksa menaikan harga pasalnya permintaan meningkat dan stok terbatas. ia menjual es kristal dengan harga Rp11000 dari harga semula Rp10000, Harga tersebut disesuaikan dengan jenis es kristal.

Terpisah, Yanti Seorang penjual Es teh di Kepungan mengaku jika kiriman Es Kristal dari agen sekarang sulit dua hari sekali baru dapat, ” Tidak bisa setiap hari dapat jatah kiriman, dua hari sekali dan harganya naik seribu per sak nya,” keluhnya ( Ragil Surono ).

xAyu Octa Lip care Serum