Selasa, 23 Apr 2024
xPasang iklan readnews
Iklan di ReadNews Pasti Untung

Polres Pemalang Buka Latihan SIM Gratis

waktu baca 2 menit
Rabu, 9 Agu 2023 01:52 0 257 Ragil Surono

READNEWS.ID, Pemalang membuka pelatihan gratis untuk mensosialisasikan materi ujian praktik Surat Izin Mengemudi () C yang terbaru.

Pasang Iklan

Kapolres Pemalang AKBP Yovan Fatika Handhiska Aprilaya melalui Kasat Lantas AKP Achmad Riedwan Prevoost mengatakan, materi ujian praktik SIM C terbaru diterapkan secara serentak di seluruh Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (Satpas) Polres seluruh , Senin (7/8).

“Kami memberikan kesempatan kepada pemohon untuk mengikuti pelatihan terlebih dahulu, agar pemohon dapat segera menyesuaikan dengan lintasan yang baru,” kata Kasat Lantas .

Kasat Lantas mengatakan, pelatihan ujian praktik SIM C dibuka untuk masyarakat umum, setiap hari Jumat.

Pasang Iklan

“Pelatihan tidak dipungut biaya, dengan menghadirkan pemateri dari personil Satpas Polres Pemalang,” kata Kasat Lantas.

Terkait materi ujian praktik SIM C yang terbaru, Kasat Lantas mengatakan, saat ini uji materi zig zag sudah ditiadakan.

“Uji membentuk angka delapan juga sudah diganti dengan uji membentuk huruf S,” kata Kasat Lantas.

Dengan lintasan baru yang lebih lebar, Kasat Lantas mengatakan, pemohon SIM C akan mengawali ujian praktik dengan lintasan lurus.

“Selanjutnya, materi uji kepekaan pemotor dalam melakukan pengereman sampai berhenti, ditandai dengan tulisan STOP,” kata Kasat Lantas.

Kemudian, Kasat Lantas mengatakan, materi dilanjutkan dengan manuver U-Turn, dan manuver berbentuk huruf S.

“Terakhir, terdapat materi untuk menguji kepekaan pemotor, dalam melakukan pengereman menghindar ke kanan atau ke kiri,” kata Kasat Lantas.

Salah seorang , Eko mengatakan, pelatihan gratis dengan lintasan yang baru dirasakan sangat bermanfaat, karena dirinya dapat berlatih berulang kali tanpa dipungut biaya.

“Tadi sudah latihan pak, lintasan yang baru lebih mudah dari sebelumnya, semoga besok bisa lulus ujian praktik SIM C,” kata Eko (Ragil Surono).

xPasang iklan readnews