Selasa, 23 Apr 2024
xPasang iklan readnews
Iklan di ReadNews Pasti Untung

Sejarah Dibentuknya Pengadilan Niaga

waktu baca 1 menit
Minggu, 1 Okt 2023 22:16 0 265 Mardi Yusra

READNEWS.ID, Pengadilan Niaga adalah Pengadilan khusus yang berkedudukan di Pengadilan Negeri yang bertugas menangani, memeriksa, dan memutuskan sengketa di bidang perniagaan di antaranya Kepailitan dan PKPU. Di bentuk pertama kalinya di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

Pasang Iklan

Alasan Dibentuknya .

Akibat yang terjadi pada pertengahan tahun 1997, berimbas bagi perekonomian Nasional khususnya dunia usaha, diantaranya permasalahan utang-piutang dalam bidang Kepailitan dan PKPU. Permasalahan tersebut harus segera di selesaikan demi menjaga para debitur dan kreditur untuk mendapatkan haknya secara adil, transparan, dan akuntabel.

Dasar Hukum Pembentukannya

Pasang Iklan

Pasal 281 ayat 1 Undang-undang nomor 4 tahun 1998 : untuk pertama kali dengan undang-undang ini, Pengadilan Niaga di bentuk pada

Pasal 306 Undang-undang nomor 37 tahun 2004 : Pengadilan Niaga pada Pengadilan Negeri Pusat yang di bentuk berdasarkan Pasal 281 ayat 1 Peraturan pengganti Undang-undang nomor 1 tahun 1998 tentang perubahan atas Undang-undang tentang Kepailitan sebagaimana telah di tetapkan menjadi Undang-undang nomor 4 tahun 1998, di nyatakan tetap berwenang memeriksa dan memutus Perkara yang menjadi lingkup tugas Pengadilan Niaga.

Ada 5 Pengadilan Niaga di diantaranya.

Pengadilan Niaga Jakarta Pusat, Pengadilan Niaga , Pengadilan Niaga Medan, Pengadilan Niaga Semarang, dan Pengadilan Niaga .

xPasang iklan readnews